Untitled-2PEKAN kemarin, PT Kia Mobil Indonesia (KMI) resmi mengas­plakan New Rio Platinum dan New Picanto Platinum. Sejum­lah penyempurnaan dilakukan kepada dua varian hatchback yang menjadi tulang punggung penjualan Kia di Tanah Air inni. Seperti apa?

Kia memberikan penyem­purnaan pada wajah New Rio dengan beberapa perubahan. Ciri khas ‘tiger nose’ grille kembali mendapat penyegaran dengan pola grille baru yang geometirs, sementara bumper depan yang baru dirancang leb­ih rendah, intake udara yang lebih luas dan fog lamp yang terintegrasi dengan chrome trim highlights. Adanya desain baru velg alloy 17 inci membuat Kia New Rio Platinum lebih sporty, stylish serta elegan.

Untuk kenyamanan berk­endara, Kia New Rio Platinum telah dilengkapi dengan audio sistem double din yang sudah terintegrasi dengan radio, CD, MP3, USB, iPod Connection, 6 buah speaker (4 speaker utama dan 2 tweeter), audio steering remote serta Bluetooth.

Kia New Rio Platinum diklaim memiliki performa mesin yang sangat responsive. Dengan tetap mengusung me­sin CVVT berbahan bakar ben­sin 4 silinder DOHC, Kia New Rio dapat menghasilkan tenaga maksimal 107 ps pada 6.300 rpm dan torsi maksimal 13.8 kgm pada 4.200 rpm. Kia New Rio Platinum menggunakan transmisi otomatis dengan 4 tingkat kecepatan manumatic.

Dengan sistem kemudi MDPS (Motor Driven Power Steering), Kia New Rio Plati­num memberikan pengemudi kenyamanan berkendara yang maksimal, di mana kemudi akan menjadi lebih ringan saat kecepatan rendah dan terasa lebih mantap dan aman pada saat melaju di kecepatan tinggi.

Kia New Rio Platinum juga telah memiliki fitur Smart Key Immobilizer dan Keyless entry yang memberikan kemudahan membuka atau mengunci pin­tu dengan satu sentuhan serta Start/Stop Button Engine.

Dari segi keamanan, Kia New Rio Platinum pun telah dilengkapi dual airbag untuk memberikan keamanan bila terjadi hal-hal yang tidak di­inginkan, sensor parking yang memudahkan pengemudi saat parkir kendaraan, serta fitur ABS dan EBD yang berguna un­tuk memberikan pengendalian yang maksimal dan keamanan berkendara.

Kia Picanto Platinum

Versi baru pada Kia New Picanto Platinum yang styl­ish menampilkan berbagai improvement untuk mem­pertahankan daya saing yang dinamis dan posisinya sebagai mobil yang paling bergaya di kelasnya. Penyegaran pada Kia New Picanto Platinum terdapat pada desain bumper depan dan belakang untuk menegas­kan tampilan bold pada Kia New Picanto Platinum dengan gril baru yang lebih luas dan bumper yang sangat sesuai dengan ciri Khas tiger-nose Kia.

Lampu kabut depan yang telah terintegrasi dengan fitur lensa baru sehingga memudah­kan visibilitas saat berkendara dan pencahayaan yang optimal sehingga aman dalam berk­endara.

Kia New Picanto Platinum juga mengalami perubahan pada pergeseran yang halus pada gigi pertama dan kedua, berkat karbon-lapisan baru untuk komponen transmisi manual dan stopper baru pada akhir lemparan pergeseran. Kia New Picanto yang cocok dikendarai di perkotaan mem­buat berkendara semakin puas dan menyenangkan.

Kia New Picanto Plati­num ini juga telah dilengkapi dengan LED Rear Lamp. LED High mounted Stop Lamp yang dapat menambah keamanan saat berkendara, Projection Head Lamp with DRL, Projec­tion Fog Lamp serta fitur Auto Head Lamp yang membuat lampu dapat menyala saat ca­haya gelap seperti di dalam terowongan atau menjelang malam hari.

Kia New Picanto Platinum juga mengalami penyegaran pada tampilan interiornya, seperti silver ornamen pada meter cluster, handle transmis­sion glossy, posisi reset dan trip terdapat pada steering wheel, steering remote control, serta start/stop button engine di­mana pengemudi dapat meng­hidupkan dan mematikan me­sin dalam satu sentuhan.

Kia New Picanto Platinum mengusung mesin 1.2L Dual CVVT DOHC, rendah emisi serta pemakaian bahan bakar yang hemat. Saat ini, hanya Kia New picanto yang satu-satunya memakai mesin Dual CVVT untuk kelas city car. Kia New Picanto Platinum dapat meng­hasilkan tenaga maksimal 87 ps pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 12.3 kg-m pada 4.000 rpm.

(Apriyadi Hidayat)