Galeri-Paskibra-2015-(7)TAK lama lagi, tugas paling penting menanti anggota Paskibraka yaitu mengibarkan Sang Merah Putih di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 70. Karenanya, jelang upacara peringatan, pasukan yang bertugas terus dipersiapkan dengan baik.

Oleh: RIFKY SETIADI
[email protected]

Tekad mewujud­kan Paskibraka Kota Bogor yang terbaik dan berkualitas terus dido­rong dan diupayakan penuh kesungguhan oleh Purna Paskibraka Indo­nesia (PPI) Kota Bogor. Pasukan Paskibraka Kota Bogor Tahun 2015 kini mu­lai bersiap mengemban tugas terhormat dari bangsa dan negara, mulai dari tingkat Kota Bogor hingga tingkat nasional. Di Kota Bogor, sebanyak 37 siswa dan siswi baik dari SMA maupun SMK yang telah ter­pilih, mulai berlatih di Lapangan Sempur Kota Bogor, sejak Juni 2015 lalu. Di tengah pelaksanaan ibadah bulan puasa Ramadhan, pasukan terbaik Kota Bogor ini tak kehilangan semangat dan tekad untuk mem­persiapkan diri jelang upacara Peringatan Hari Ke­merdekaan Republik Indonesia 2015 di Kota Bogor.

Tahun ini, pencapaian paskibra Kota Bogor memberi angin segar. Target yang dicanangkan PPI Kota Bogor untuk menempatkan wakilnya di tingkat nasional, kini sudah tercapai. “Alhamdulillah, lati­han kali ini dibarengi dengan semangat dan tekad yang luar biasa dengan pencapaian target yang su­dah bisa diraih oleh kami, yaitu menempatkan wakil Kota Bogor sebagai anggota paskibraka di tingkat na­sional, melalui Rayhandika,” ungkap M. Ridwan, Penanggungjawab Lapangan Paskibra Kota Bogor 2015 di sela-sela latihan pasukan di Lapangan Sem­pur, Kota Bogor.

Ridwan melanjutkan, pada dasarnya pembentu­kan Paskibraka terdiri dari 3 tingkatan, yaitu tingkat Kota/Kabupaten, Provinsi, dan Nasional. Untuk tingkat Kota/Kabupaten yaitu melaksanakan tugas di Kota asal Paskibraka tersebut dengan inspektur upacara yaitu Walikota/setara. Pembentukan Tingkat Provinsi yaitu diseleksi dari kota-kota pada provinsi tersebut dan akan diutus ke ibukota provinsi dari kota-kota di provinsi daerah asal, Paskibraka pada tingkat ini melaksanakan tugas di ibukota Provinsi dengan inspektur upacara yaitu Gubernur/setara. Dan yang akhir yaitu Tingkat Nasional yaitu Paskibraka yang diseleksi dari seluruh provinsi di Indonesia yang tiap-tiap provinsi akan mengutus putra dan putri terbaik dan tingkat ini melaksanakan tugas di Istana Negara atau Istana Merdeka Jakarta, dengan inspektur upaca­ra yaitu Presiden Republik Indonesia. “Dalam pelak­sanaannya, Paskibraka dibagi menjadi dua tugas yaitu pasukan yang melakukan tugas pagi sebagai pengibar bendera dan tugas sore sebagai pasukan penurunan bendera,” tambahnya.

Baca Juga :  IKA YZA Ciawi Gelar Silaturahmi "Back to Campus 2"

Ridwan menjelaskan, formasi pa­sukan akan segera disempurnakan sesuai dengan formasi Pasukan 17, Pasukan 8 dan segera akan berlatih bersama dengan pasukan 45. Pasu­kan 17 berposisi di paling depan se­bagai pemandu/pengiring dengan dipimpin oleh suatu Komandan Ple­ton (Danton). Pasukan 17 ini seluruh­nya merupakan anggota Paskibraka yang merupakan siswa dan siswi terbaik dan terpilih. Sementara Pa­sukan 8 berposisi di belakang pa­sukan 17 sebagaipasukan inti dan pembawa bendera. Di pasukan ini ter­dapat 4 anggota TNI atau POLRI sebagai pengawal dan 2 putri Paski­braka sebagaipembawa bendera, 3 putra Paskibraka pengibar/penurun bendera, dan 3 putri Paskibraka di saf belakang sebagai pelengkap/pagar. Sedangkan Pa­sukan 45 berposisi di belakang pasukan 8 sebagai pa­sukan pengawal/pengaman dan merupakan anggota dari TNI atau POLRI dengan senjata lengkap.

Diantara 37 siswa dan siswi yang menjadi ang­gota pasukan di Kota Bogor, 2 orang diantaranya akan dikirimkan ke tingkat Jawa Barat dan Nasional. Wakil Kota Bogor yang berhasil menjadi Wakil Provinsi Jawa Barat ke Tingkat Nasional yaitu Rayan­dkhika Renarand, pelajar asal SMA Negeri 10 Bogor yang akan bertugas pada upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-70, tanggal 17 Agustus 2015 di Istana Merdeka Jakarta. Putra dari Mulyadidan Dina Rosdiana kelahiran Bogor, 20 Juni 1999 ini berharap dirinya bisa melasanakan tugas dengan baik. “Ini tentu tidak hanya kebanggaan, tetapi juga merupakan tugas dan sebuah kehormatan yang harus dijaga,” ungkap siswa kelas XI IPS itu.

Baca Juga :  IKA YZA Ciawi Gelar Silaturahmi "Back to Campus 2"

Sementara di Tingkat Jawa Barat, Kota Bogor menempatkan Nadia Ariandyen, siswi SMK Negeri 3 Bogor dari Jurusan Tata Busana. Siswi kelahiran Jakarta,10 Desember 1999 ini merasa bersyukur bisa lolos dalam seleksi dan menjadi bagian dari Paski­braka Jawa Barat 2015. “Saya akan berusaha melaku­kan tugas ini sebaik mungkin dan membawa harum nama Kota Bogor,” ungkap putri kesayangan Aris Munandar dan Titin Yeni ini.

Sementara Ronny Kunaefi, Penanggungjawab Teknis Paskibraka Kota Bogor 2015 mengungkapkan, pasukan yang tengah dipersiapkannya ini dilatih dalam tahapan-tahapan tertentu sesuai dengan kondisi dan pencapaian, termasuk melihat kondisi fisik dan kesehatan anggota pasukan. “Materinya disesuaikan dan diatur, mulai dari Peraturan Baris Berbaris (PBB) dasar, performance hingga kondisi fisik,” ungkapnya. Ronny juga berusaha menga­rahkan bagaimana peran instruktur, melihat for­masi, memberi saran kepada petugas, melihat faktor ketinggian, irama tangan, ayunan pen­gibar dan hal-hal teknis lainnya yang terus di­perbaiki dan dievaluasi sehingga pada akhirnya menemukan performa terbaik.