alfian mujani 240BENARKAH per­an KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) yang sangat strong dalam pemberantasan korupsi ikut andil melemahkan per­tumbuhan ekono­mi? Tak ada yang berani menjawab secara tegas atas pertanyaan ini. Termasuk para pihak yang secara sistematis melakukan pele­mahan terhadap lembaga anti rasuah itu.

Namun sejumlah pengusaha yang biasa menangani proyek-proyek APBN dan APBD mengkonfirmasi bahwa KPK menjadi sangat menakutkan. Mereka kehilangan nyali untuk mengerjakan proyek-proyek infrastruktur yang dibiayai APBD dan APBN. Dampaknya, anggaran belanja negara tak terserap. Hing­ga memasuki semester II tahun 2015, dana APBN yang terserap di bawah 40%.

Dari sisi pemberantasa korupsi, KPK mungkin berhasil. Tetapi dari sisi lain KPK menghentikan aliran dana dari laci negara ke masyarakat. Termasuk uang negara yang dicopet oleh koruptor, tidak mengalir ke masyarakat karena disembunyikan. Para koruptor biasanya mengalirkan dananya ke masyarakat, baik dalam bentuk investasi maupun konsumsi.