Rachma yang juga meru­pakan pendiri Perhimpunan Persahabatan Indonesia-Korea Utara sempat menangis saat melepas kepergian Ri Jong Ryul.

Kim Jong-un, lahir 8 Janu­ari 1983 atau baru berumur 32 tahun. Kim adalah pemimpin tertinggi Republik Demokratik Rakyat Korea, atau yang lebih dikenal dengan Korea Utara. Ia adalah putra Kim Jong-il (1941–2011) dan cucu dari Kim Il-sung (1912–1994). Sebelum menjadi pemimpin Korea Utara, ia per­nah menjabat sebagai Sekre­taris Pertama Partai Buruh Korea, Ketua Pertama Komisi Militer Sentral, Panglima Tert­inggi Tentara Rakyat Korea, dan anggota presidium Polit­biro Partai Buruh Korea. Ia se­cara resmi dinyatakan sebagai pemimpin tertinggi Korea Uta­ra setelah pemakaman kenega­raan ayahnya pada tanggal 28 Desember 2011. Kim Jong-un adalah putra ketiga sekaligus putra bungsu Kim Jong-il den­gan salah seorang istrinya, Ko Young-hee.

BACA JUGA :  Remaja Karyawan Pelatihan Anjing Asal Lampung, Tewas Gantung Diri di Cisarua

Sejak akhir 2010, ia diang­gap sebagai pewaris kepem­impinan Korea Utara, dan setelah kematian ayahnya, ia dinyatakan sebagai “Penerus Agung” oleh stasiun televisi Korea Utara. Setelah kematian Kim Jong-il, Ketua Majelis Raky­at Tertinggi Korea Utara, Kim Yong-nam, menyatakan bahwa “Kim Jong-un adalah pemimpin tertinggi partai, militer, dan negara kita, yang mewarisi ide­ologi, kepemimpinan, karakter, kebajikan, ketabahan, dan ke­beranian Kim Jong-il”.

Pada tanggal 30 Desember 2011, Politbiro Partai Buruh Korea secara resmi menunjuk Kim Jong-un sebagai Panglima Tertinggi Tentara Rakyat Ko­rea. Pada 11 April 2012, Kon­ferensi Partai ke-4 memilihnya sebagai Sekretaris Pertama Partai Buruh Korea.

BACA JUGA :  RSUD Leuwiliang Hadirkan Dokter Spesialis di Laboratorium Patologi Anatomik

Pangkatnya dipromosikan menjadi Marsekal Tentara Rakyat Korea pada tanggal 18 Juli 2012, yang mengukuhkan posisinya sebagai panglima tertinggi angkatan bersenjata. Kim telah meraih dua gelar, yakni di bidang fisika dari Uni­versitas Kim Il-sung, dan satu lagi sebagai perwira angkatan bersenjata dari Universitas Militer Kim Il-sung. Berusia 32 tahun, ia adalah kepala negara termuda di dunia pada saat ini.

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================