andormax-r“End user saat ini sudah tidak begitu melirik lagi smartphone dengan iming-iming harga murah. Mereka lebih memilih kualitas. Tapi tetap perlu edukasi bahwa kecepatan turbo 4G LTE tentu saja menyedot kuota lebih cepat dibanding 3G,” Owner Phonecell, Jerry

Oleh : Adilla Prasetyo Wibowo
[email protected]

Bersamaan dengan pe­resmian 4G LTE-nya di Indonesia, Smartfren meluncurkan 5 smart­phone Andromax 4G LTE, yak­ni Andromax R, Q, Q1, Ec, dan Es. Smartphone yang diprod­uksi oleh Hisense ini termasuk ponsel tidak hanya tipis tetapi juga ringan untuk dibawa ke­mana-mana.

Owner Phonecell, Jerry mengatakan bahwa dari keeempat saudaranya, Andro­max R lebih banyak diminati oleh pembeli. Memiliki bentuk yang membulat pada setiap sudutnya membuat desain Andromax R ergonomis dan nyaman digunakan. “Bazzel atau list berwarna emas nam­pak pas dan elegan sehingga dapat membantu penampilan penggunanya,” katanya, Selasa (7/7/2015).

Diakuinya, dalam sehari Andromax R sedikitnya ter­jual sebanyak dua unit. Bila dikalkulasi, dalam satu bulan sekitar 60 unit diborong oleh pembeli. “Andromax memang sedari dulu banyak dipercaya dan terkenal dengan kecepatan aksesnya. Jadi banyak pembeli yang percaya,” ujarnya.

Terkait spesifikasi produk, Andromax R pada bagian depan dibekali dengan la­yar 5 inci dengan resolusi HD (1080x720piksel ) berjenis IPS yang lengkap dengan lapisan kaca anti gores dari Asahi Drag­ontrail. Dengan lapisan ini la­yar nampak jelas dan terang, bahkan lebih kuat terhadap goresan. Diatas layar tersedia kamera 5MP bersama dengan lampu LED flash. Sehingga da­pat membuat foto selfie Anda lebih jelas dan terang.

Beralih pada bagian bela­kang tersedia kamera 8 MP ber­sama dengan lampu Dual LED. Dibawahnya nampak terdapat logo 4G LTE yang menanda­kan bahwa smartphone ini telah dibekali dengan koneksi broadband tercepat saat ini di Indonesia. Dibawah logo ter­dapat speakerphone yang akan mengeluarkan audio yang di­hasilkan dari smartphone.

Mengetahui lebih jauh diba­lik backcovernya tersedia dua slot SIM card, dimana pada port pertama adalah port 4G LTE yang langsung dapat diper­gunakan dengan kartu SIM card Smartfren yang termasuk pada paket bundling, sedang­kan pada slot kedua adalah slot untuk kartu GSM. Untuk slot 1 Andromax R menggunakan slot microSIM, sedangkan pada slot kedua menggunakan SIM standart alias Mini SIM.

Menjalankan sistem ope­rasi Android Lollipop 5.0 tanpa ada antarmuka tambahan, An­dromax R ditopang prosesor Quad-core Qualcomm Snap­dragon 410 berkecepatan 1.2 GHz, GPU Adreno 306, RAM 1 GB. Jika kurang dirasa kurang dengan memori internal 8GB yang tersedia, pengguna juga masih dapat menambahkannya melaui slot MicroSD yang terse­dia disebelah slot SIM pertama.