alfian mujaniHEDONISME adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi ba­hagia dengan mencari kesenangan sebanyak mungkin. Penganut faham ini akan beru­saha habis-habisan menghindari perasaan-perasaan yang men­yakitkan. Hedonisme merupakan ajaran bah­wa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tinda­kan manusia. Pencetus faham ini adalah Epikuros, filusuf Yunani (342-270 SM).

Kini, pengamal hedonisme kian merajalela. Mereka mengandalkan pengalaman-pengalaman panca indra untuk mendapatkan pengetahuan, bukan pada penalaran. Karena sangat percaya pada pengalaman panca indra, penganut hedonisme malas menggunakan daya nalar dan kekuatan rasio. Mereka cenderung lari dari hal-hal yang bisa bikin pusing kepala. Merebaknya pengguna narkoba, seks bebas, dan tindakan koruptif adalah salah satu fakta kian luasnya pengamal ajaran hedonisme.

Diskursus yang berkembang di lingkungan masyarakat hedonis hanya seputar kesenangan sesaat. Diskusi tentang masa depan bangsa, ten­tang problem bangsa akan dihindari karena tidak memberi efek kesenangan biologis langsung. Bay­angkan kalau negeri ini didominasi para penganut faham hedonieme…!