BOGOR, Today - Menghada­pi Pekan Olahraga Daerah (PORDA) ke XIII tahun 2018 mendatang di Kabupaten Bogor, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupat­en Bogor berencana melaku­kan pemusatan latihan di setiap kecamatan di Kabu­paten Bogor.

Keinginan tersebut diutarakan oleh Kepala Bi­dang Pembinaan Prestasi Dispora, Mustaqim, karena Kabupaten Bogor banyak memiliki atlet-atlet berpo­tensi.

Selain itu, Kabupaten Bogor pun memiliki beber­apa cabang olahraga unggu­lan. Karena itu pemusatan latihan di kecamatan perlu menyangkut efektivitas.

“Menurut saya, pemusa­tan latihan cukup penting apabila diadakan disetiap ke­camatan karena banyaknya atlet-atlet berpotensi yang kita miliki saat ini. Tujuan pemusatan di kecamatan itu agar target menjadi juara umum pada ajang Porda ter­capai,” katanya.

Baca Juga :  Panitia Piala Dunia Qatar Sita Atribut Topi Pelangi Pendukung Timnas Wales

Mantan Kabid Dik­men Dinas Pendidikan ini menjelaskan, dalam satu ke­camatan setidaknya bisa me­wakili satu cabang olahraga unggulan. Sebagai antisipasi tidak terpecahnya konsen­trasi atlet di cabang olahraga tersebut.

“Jadi, dari 40 kecamatan yang ada mewakili satu ca­bang olahraga (cabor). Dan setiap atlet di cabor yang terjaring di database kami bisa dikirimkan serta dibina pada satu pemusatan saja,” ujar dia.

Baca Juga :  Player Escort Timnas Portugal Cristiano Ronaldo Kontra Ghana Ternyata Anak Asal Indonesia

Lebih lanjut, Mustaqim beralasan agar peran serta dari Komite Olahraga Keca­matan (KOK), bisa berfungsi dengan baik dengan semes­tinya.

Sehingga tugas KOK itu bukan hanya mengumpul­kan data atlet saja tetapi juga menjalankan fungsi pembi­naan dan pengagasan atlet.

“Kami juga berharap ca­bor non unggulan bisa mem­berikan prestasi layaknya ca­bor unggulan,” pungkasnya.

(Imam/net)