alfian mujani 240TAK perlu terlalu bersemangat un­tuk menjadi orang penting dibanding orang lain. Tapi berusaha keraslah menjadi pribadi yang lebih baik dibanding­kan dengan diri sendiri di masa lalu. Teruskan se­lalu meningkat dari waktu ke waktu hingga akhir hayat.

Seorang motivator menyarankan, agar kita berhenti berkalkulasi dengan menjadikan kemampuan diri sebagai penjamin. Belajarlah berserah diri dan menjadikan Sang Pencipta sebagai penjamin kesuksesan dan kebaha­giaan. Terlalu banyak yang tidak bisa ditebak dalam perjalanan hidup ini. Terlalu banyak hal tak terduga yang terjadi sepanjang hidup ini. Sebab, di luar kemampuan kita ada Sang Maha Pengatur yang sangat perkasa.

Kehidupan sehari-hari telah banyak mem­beri pelajaran berharga kepada kita. Banyak orang menderita lantaran suka membanding­kan dirinya dengan orang lain. Mereka tidak pernah menikmati apa yang telah dimilikinya karena waktunya dihabiskan untuk menghi­tung dan mengejar keberhasilan orang lain. Padahal untuk bahagia jauh lebih mudah dengan cara mensyukuri yang kita miliki.