Untitled-4Bogor, Today – Setiap aktivitas dan pergerakan tubuh pasti melibatkan tulang dan sendi. Tulang berfungsi sebagai penyokong tubuh dan sendi penting agar tulang d a p a t digerakkan d e n g a n lentur. Untuk menjaga kesehatan keduanya, sebenarnya tidak sulit. Pertama, lengkapi kebutuhan nutrisi tulang dan sendi mulai dari kalsium, vitamin D, magnesium, glukosamin, hingga kondroitin. Kedua, sempurnakan dengan rutin berolahraga. Mengapa olahraga penting? Ternyata, olahraga bermanfaat untuk menjaga agar kelenturan sendi, memperkuat otot di sekitar tulang dan sendi, serta mempertahankan kepadatan tulang.

Tak hanya otot saja yang dapat menjadi besar dan kuat dengan latihan, tulang juga akan menjadi kuat jika dilatih dengan olahraga rutin. Penelitian menunjukkan, para wanita dan pria muda yang rutin berolahraga ternyata memiliki tulang dengan tingkat kepadatan yang lebih tinggi. Rutin berolahraga juga penting untuk mencegah pengeroposan tulang yang umum terjadi seiring bertambahnya usia. Tulang kuat kini dan nanti!

Baca Juga :  Inilah Makanan yang Perlu Dihindari Jika Tak Ingin Keringat Bau, Simak Ini!

Tapi, tak semua jenis olahraga memiliki fungsi yang sama. Jenis olahraga yang paling tepat untuk kesehatan tulang adalah olahraga weight-bearing, yaitu olahraga yang sifatnya membuat Anda ‘melawan’ gravitasi. Jenis olahraga ini bermanfaat untuk memberi beban pada tulang yang diperlukan untuk m e n d o r o n g perkembangan t u l a n g yang kuat dan sehat. Beberapa contoh jenis olahraga weight-bearing yang dapat Anda coba antara lain latihan beban, berjalan, mendaki, jogging dan berdansa. Manfaat lainnya, olahraga weight-bearing juga dapat membantu meningkatkan kekuatan dan keseimbangan otot yang penting untuk mencegah jatuh (penyebab patah tulang).

Kurang aktif bergerak dan jarang berolahraga ternyata dapat membuat sendi menjadi kaku dan lemah. Hal ini berkaitan dengan melemahnya otot dan tendon (jaringan yang menghubungkan otot dan tulang). Sesuai dengan fungsinya untuk mendukung pergerakan sendi dan agar sendi tidak cepat ‘aus’, melemahnya kekuatan otot dan tendon ini kemudian menyebabkan terganggunya fungsi dan pergerakan sendi. Selain itu, kurang olahraga juga dapat menyebabkan tulang rawan pada sendi menjadi kaku dan menyusut. Akibatnya, sendi pun tidak lagi bebas bergerak.

Baca Juga :  Makanan Alternatif Protein Pengganti Telur, Lebih Bergizi

Untuk menjaga kesehatan sendi, pilihlah jenis olahraga aerobik dengan intensitas sedang seperti bersepeda, jogging, yoga dan stretching.Yoga dapat menjadi pilihan karena melibatkan banyak pergerakan sendi dan bermanfaat untuk melatih keseimbangan yang penting untuk mencegah jatuh. Sedangkan olahraga peregangan juga penting agar sendi tetap lentur. Usahakanlah untuk rutin berolahraga dengan intensitas sedang minimal 30 menit setiap harinya dan lengkapi dengan latihan beban selama 2 kali setiap minggunya. Tak hanya untuk tulang dan sendi saja, olahraga juga dapat membantu melatih kekuatan dan koordinasi otot, keseimbangan tubuh, dan penting untuk kesehatan jantung.

(Rifky Setiadi)