Untitled-12Buku adalah jendela ilmu. Filsofi inilah yang menggerakkan PT Bakrieland Develop­ment Tbk dan Kelompok Usaha Bakrie (KUB), termasuk Aston Bogor Hotel & Resort, menggelar program Corporate Social Re­sponsibility (CSR) berupa peng­umpulan buku-buku bekas layak pakai. Selanjutnya, buku-buku tersebut disalurkan ke daerah yang masih minim sarana dan pra sarana pendidikannya.

Dalam program yang dina­mai ‘Sejuta Buku’ itu, Bakrieland Group menyalurkan ratusan buku pendidikan ke wilayah Desa Karangtengah, Sentul, Ka­bupaten Bogor. “Kami berupaya di desa tersebut dalam mewu­judkan mimpinya memiliki per­pustakaan. Bagi kami, informasi dan pengetahuan sangat penting bagi masyarakat,” ujar Assistant Public Relation Manager Aston Bo­gor Hotel & Resort, Ranky Safitri, dalam keterangan resminya ke­pada BOGOR TODAY.

Ditambahkan Ranky, dipilih­nya Desa Karangtengah sebagai tujuan penyaluran buku karena menurut data bahwa rata-rata lulusan masyrakatnya masih se­batas Sekolah Dasar SD. “Diharap­kan dengan adanya perpustakaan ini, minat baca masyarakat desa dapat dapat meningkat,” katanya.

Buku yang didapatkan, lan­jutnya, berasal dari partisipasi staff Aston Bogor Hotel & Resort dengan menyediakan dropbox. Program donasi buku ini dimulai pada tanggal 17 Juni 2015 hingga pengumpulan terakhir tanggal 15 Juli 2015 dengan mendapatkan 125 buku untuk diserahkan kepa­da pihak tim CSR Bakrieland pada tanggal 3 Agustus 2015.

Sementara itu, jumlah buku yang terkumpul sejak awal pro­gram ini digulirkan sejak 2010 hingga saat ini sebanyak ratusan ribu buku. Namun, dari jumlah ini tidak semua buku yang dapat disalurkan. Hal ini karena tidak semua buku yang terkumpul dalam kondisi yang baik dan layak untuk disalurkan.

Lebih jauh, program ini sendiri rencananya akan berlanjut pada program yang berhubungan sep­erti taman bacaan dan gerakan membaca. Partisipasi masyara­kat dalam program ini sangat diharapkan karena banyak di an­tara kita memiliki banyak buku yang berguna namun tidak lagi kita butuhkan. Selain itu, semua buku dapat disumbangkan dalam program ini termasuk kamus dan eksiklopedi namun tidak terma­suk majalah.

(Apriyadi Hidayat)