bank-mandiriJAKARTA, TODAY — Untuk mengoptimalkan kinerja usaha, PT Bank Man­diri Tbk menggenjot transaksi kar­tu kredit. Bank BUMN papan atas ini meng­gandeng Marina Bay Sands melakukan program joint mar­keting promo untuk meningkatkan transaksi kartu kredit.

Kerjasama tersebut meliputi ber­bagai aktivitas menarik dan pengala­man eksklusif di resor terintegrasi ini termasuk hotel, ArtScience Mu­seum, Sands SkyPark, restoran yang dimiliki oleh celebrity chef serta be­berapa penawaran spesial di bebera­pa butik di The Shoppes.

Perjanjian kerja sama ini ditan­datangani oleh Senior Vice President Credit Cards Bank Mandiri Boyke Yurista, dan Senior Vice President Marketing Marina Bay Sands Maunik Thacker serta disaksikan Direktur Consumer Banking Bank Mandiri Hery Gunardi di Plaza Mandiri, Ja­karta, Rabu (5/8/2015).

Hery mengatakan, kerjasama ini akan sangat menguntungkan kedua belah pihak karena Bank Mandiri dan Marina Bay Sands merupakan dua entitas bisnis yang cukup besar di masing-masing industri.

“Kami akan terus bersinergi den­gan para merchant yang telah memi­liki basis pelanggan yang kuat, untuk mengembangkan berbagai program promosi yang dapat memberikan ni­lai tambah bagi nasabah. Kerjasama ini juga sangat potensial bagi Bank Mandiri untuk meningkatkan tran­saksi kartu kredit Mandiri sejalan dengan program-program loyalitas yang terus dikembangkan persero­an,” jelas dia.

Selain itu, Hery menyebutkan, tingginya minat masyarakat Indone­sia mengunjungi Singapura menjadi potensi perseroan untuk mening­katkan transaksi kartu kreditnya. “Sebanyak 3,9 juta orang Indonesia datang ke Singapura setiap tahun, itu opportunity, dari angka itu 9% card holder kita,” kata Hery.

Baca Juga :  Resep Masakan Ceker Keriting Pedas Tanpa Tulang

Hery menambahkan, sejauh ini, Bank Mandiri telah menjalin ker­jasama promosi dengan puluhan merchant terkemuka di Tanah Air, seperti Garuda Indonesia, Sushi Tei, Hypermart, dan Kawan Lama Retail, serta merchant international seperti Accor Group dan Resort World Sen­tosa.

Ini juga didasarkan pada semakin meningkatnya tingkat pemanfaatan kartu kredit oleh nasabah melaku­kan perjalanan.

Pada tahun lalu, sekitar 5% dari total sales volume transaksi kartu kredit Mandiri atau sekitar Rp 1,35 triliun dibukukan untuk transaksi travel, hotel dan airlines.

Bagi pemegang mandiri kartu kredit, Singapura merupakan neg­ara dengan destinasi terbesar baik dari segi jumlah transaksi maupun amount transaksi.

Dengan share jumlah transaksi sebesar 15% dan amount transaksi 23% dari total transaksi face to face cross border.

Frekuensi transaksi dalam peri­ode Januari – Juni 2015 yang menca­pai 17 juta transaksi dengan nilai Rp 15 triliun. Nilai transaksi tersebut me­ningkat 22% dibandingkan Januari- Juni 2014 yang sebesar Rp 12 triliun.

Saat ini, Bank Mandiri memiliki 3,8 juta pemegang kartu kredit dan lebih dari 12 juta pemegang kartu debit serta jumlah EDC terpasang se­banyak 282.422 unit.

Pada tahun 2014 terdapat sekitar 350 ribu card holder atau sekitar 9% dari total pemegang mandiri kartu kredit yang melakukan transaksi face to face cross border.

Baca Juga :  Polisi Tangkap Pria 52 Tahun di Empat Lawang yang Perkosa Anak Tetangga

Jumlah ini meningkat sebesar 7.5% jika dibandingkan dengan ta­hun sebelumnya. “Dengan strategi fokus pada loyalitas nasabah ini, kami optimis dapat mencapai target pertumbuhan transaksi saat ini yaitu pada kisaran hingga 23%,” kata Hery.

Dalam kesempatan yang sama, Maunik menambahkan, Marina Bay Sands telah mengubah wajah pari­wisata semenjak dibuka lima tahun lalu.

Konsep resor terintegrasi mem­berikan berbagai peluang bagi kami agar menjadi yang terbaik di kelas­nya di dalam setiap sektor bisnis, baik itu ritel, hiburan, kuliner atau sebagai hotel mewah, maupun pusat konvensi.

“Kami bangga dapat berkolab­orasi dengan Bank Mandiri untuk memberikan penawaran eksklu­sif bagi para pemegang kartu yang dapat digunakan di berbagai atraksi termasuk penawaran di hotel, The Shoppes, ArtScience Museum, SandsSkyPark dan restoran celebrity chef. Kami tidak hanya ingin men­arik pengunjung baru, tetapi juga memberikan pengunjung berbagai alasan untuk terus kembali ke prop­erti kami,” ujar dia.

Sebagai tujuan bisnis, rekreasi dan hiburan terkemuka di Asia, Ma­rina Bay Sands memberikan penawaran terbaik mulai dari restoran ce­lebrity chef, pengalaman berbelanja mewah di The Shoppes, pertunjukan teater dan Broadway kelas dunia serta ArtScience Museum pertama di dunia.

(Alfian M|dtc)