Untitled-10DPRD Kota Bogor tengah menjadi sorotan nasional. Kerjanya tengah disorot pegiat dan pengamat politik seantero Nusantara. Langkah angket yang ditempuh mereka bakal mencetak rekor baru dalam panggung politik Kota Bogor selama ini.

RIZKY DEWANTARA
[email protected]

Langkah yang dianggap mampu memakzulkan Wakil Walikota Bogor, Us­mar Hariman ini, sedianya membuktikan bahwa roda politik di Kota Bogor benar-benar hidup. Legislatif tak lagi bersembu­nyi diketiak eksekutif. Tak seperti pada rezim-rezim sebelumnya bah­wa legislatif selalu manut dan tun­duk pada ketiak eksekutif.

Nama Untung Maryono men­dadak manggung di layar kaca tel­evisi. Dia dianggap sebagai simbol supremasi politik lembaga legislatif. Di tangannyalah langkah pemakzu­lan terhadap Usmar Hariman bisa berjalan sebagaimana mestinya. “Ya, jelasnya ini semua ditangan petinggi DPRD. Kalau sudah tidak kompak, langkah pemakzulan bisa gagal. Ang­ket ini sejatinya adalah langkah awal untuk melengser. Karena hak ini se­bagai simbol mosi tidak percaya legis­latif terhadap kredibilitas, kapabilitas dan kinerja eksekutif,” ketus Pakar Politik LIPI, Siti Zuhro, kemarin.

Baca Juga :  Komisi IV Dorong Disnaker Hadirkan Pelatihan Untuk Pekerja Disabilitas

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Bogor, Untung Wahyudi Maryono, mengatakan, pekan ini akan diben­tuk tim Pansus Angket untuk Us­mar Hariman. Ini dilakukan untuk mengebut penyelidikan terhadap Usmar Hariman. Ia juga menga­takan, ini harus menjadi pelaja­ran bagi para pejabat agar tidak sewenang-wenang menggunakan jabatanya. “Pansus Angket harus dibentuk dengan benar dan bekerja dengan semaksimal mungkin. Saya berharap Ketua Pansus Angket dari pengusul,” kata dia.

Baca Juga :  Lagi, Pengedar Tembakau Sintetis di Bogor Diringkus

Saat disindir mengenai lobi-lobi politik, Penggila Rolling Stones itu memastikan tidak akan ada bargain­ing politik lagi. “Ini harus disele­saikan sampai ke ranah yang lebih jauh, jangan hanya dimakzulkan saja. Saya mintanya diadili ke meja hijau,” tegasnya.

Wakil Ketua DPRD Kota Bogor, Sopian Ali Agam, memiliki pandan­gan yang sama dengan Ketua DPRD Kota Bogor dalam pembentukan Pansus Angket diharap cepat dilak­sanakan. Ia juga menegaskan, agar masyarakat dapat menilai apa yang dilakukan wakil rakyatnya benar. (*)