2016-BMW-7-Series-Carscoops1Belum ada konfirmasi BMW mengenai kabar ini. Prediksi awal, pabrikan akan memakai sistem quad-turbocharger di mesin 3.0-liter yang diharapkan melepas 400 hp dan torsi 599 Nm. Produksi pal­ing cepat diyakini baru terlaksana tahun depan.

Rumor yang berkembang, mesin dengan sistem quad-turbocharger akan diaplikasi ke generasi baru BMW M750d. Beberapa model dengan basis mesin diesel seperti X5, X6, dan X7 juga akan mengguna­kan empat turbo. Namun hal itu masih misteri, bah­kan disangkal sejumlah kalangan karena dianggap terlalu jauh.

Saat ini BMW masih nyaman menggunakan sis­tem turbo tiga titik. Bahkan X5 xDrive50d M masih mengunakan sistem asupan udara paksa model lama. Diketahui, mobil terakhir yang menggunakan quad-turbocharger adalah hypercar Bugatti Veyron.

Pabrikan BMW belum merilis rencana produksi serta peluncuran untuk model dengan mesin diesel empat turbo. Tetapi, dikabarkan model ini tidak akan dipasarkan untuk wilayah Amerika Serikat. Sebelumnya, pada 2012, BMW telah mengembang­kan mesin dengan triple turbo.

(DP/Apri)