Pramuka-Donor-Darah-(2)BOGOR, Today – Rang­kaian Hari Jadi Pramuka ke 54 dilengkapi den­gan gelaran bakti sosial Kwarcab Kota Bogor berupa Donor Darah. Ke­giatan yang merupakan wujud agenda tahunan Kwarcab Kota Bogor ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah kota Bogor yang juga Ketua Kwarcab Kota Bogor, H.Ade Syarif Hi­dayat. Berbagai tamu un­dangan juga turut meng­hadiri dan mendukung program ini.

Kegiatan yang di­langsungkan pada Selasa (4/08/2015) lalu ini meli­batkan seluruh unsur ang­gota pramuka mulai dari anggota penegak, pande­ga, para pembina hingga jajaran Kwarcab Kota Bo­gor baik itu pimpinan dan andalan Kwarcab, selain anggota pramuka Kwartir Ranting se-Kota Bogor. Para pendonor yang ha­dir juga berasal dari unsur TNI dan POLRI yakni dari kesatuan Yonif 315/Garuda sebanyak 1 SST dan Bri­mob Resimen II Pelopor sebanyak1 SST.

Ade mengungkap­kan, kegiatan donor da­rah merupakan salah satu wujud nyata karya bakti pramuka di masyarakat. “Banyak kegiatan pengab­dian masyarakat yang telah dilaksanakan oleh anggota Pramuka, seperti pelaksa­naan kegiatan karya bakti lebaran yang lalu. Donor darah menjadi pilihan meng­ingat jumlah anggota yang banyak dan siap menjadi pendonor,” ungkapnya. Ade juga menyampaikan terimak­asih atas dukungan dan jali­nan komunikasi yang telah berjalan dengan baik, mulai dari instansi di lingkungan Pemkot Bogor, TNI, POLRI dan jaringan lain wilayah Bo­gor.

Peserta yang hadir dalam donor darah ini mencapai 104 orang. Meski begitu, melalui pemeriksaan medis dan ketentuan donor darah, hanya sekitar 67 orang yang dinyatakan lolos dan dinyatakan memenuhi persyaratan. “Di masa mendatang, kegiatan ini akan terus dilak­sanakan dan terus ditekadkan untuk lebih ditingkatkan, teru­tama sosialisasi pentingnya keg­iatan donor darah bagi anggota pramuka,” papar Ade.

Rangkaian Hari Jadi Pramu­ka tahun ini terdiri dari 23 item dengan berbagai program dan tujuan pemasyarakatan nilai-nilai kepramukaan. Donor darah merupakan salah satu kegiatan yang diarahkan me­miliki nilai kepedulian sosial dan kemanusiaan. Untuk acara puncaknya, pada 18 Agustus 2015 akan dilaksanakan upacara untuk tingkat kota hingga tingkat Jawa Barat yang dilaksanakan di Bekasi. Sementara untuk tingkat nasional akan berlangsung di Cibubur. Di tingkat nasional, anggota pramuka Kota Bogor mendapat kepercayaanmembawa pataka sejumlah 45 dan juga peserta upacara sebanyak 80 putra dan putri serta 10 orang pembina.

(M. Nurnawaly Amin/ Rifky Setiadi)