BANDUNG, Today – PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) sedikit lega, Achiles Cor­sa masih menunjukkan komitmennya tetap mendukung tim Maung Bandung.

Sekalipun kini turnamen dan kompetisi domestik belum kunjung terealisasi, namun salah satu sponsor Persib ini ternyata leb­ih aktif berinteraksi dengan bobotoh dan membuat program berupa kuis.

Padahal, Achiles Corsa ini men­derita kerugian lantaran terhenti­nya kompetisi Qatar National Bank (QNB) League 2015, akibat konflik PSSI dan Mepora Imam Nahrawi.

Head of Marketing Communication PT Multistrada Arah Sarana, Putri Su­dali, juga mengakui menderita banyak kerugian terutama dari hilangnya ekspos promosi produknya. Namun, dia menagaskan Corsa Achiles masih konsisten memberikan du­kungan pada tim Maung Bandung.

“Memang sebagai sponsor, jujur kita merasa dirugikan karena tidak adanya per­tandingan. Kita tidak bisa promosi di jersey, cuma sebagai komitmen dalam mendukung persepakbolaan kita gak pernah berpikir meninggalkan,” kata Putri, di Graha Persib, Jalan Sulanjana Kota Bandung.

Baca Juga :  750 Aparat Gabungan Diterjunkan Amankan Laga Timnas Indonesia Lawan Curacao

Lebih lanjut, Putri belum bisa memasti­kan hitungan rinci berapa besar kerugian materi yang diderita Corsa Achiles.

Namun, pastinya dia harus merelakan kehilangan program promosi, karena tim Maung Bandung juga dibubarkan.

Alih-alih membuat program, PT PBB jus­tru memutuskan untuk mengakhiri kontrak skuat Maung Bandung pertanggal 15 Mei lalu.

Persib terakhir kali manggung di Piala AFC 2015 pada 27 Mei, dan sebelumnya melakoni dua laga di QNB League 2015 pada 4 dan 7 Mei. Setelah itu, Persib tak memiliki program lainnya.

“Secara jumlah rupiah kita gak bisa rinci­kan, tapi yang jelas kita gak ada nilai plus publikasi. Mereka (Persib) gak ada kegiatan, dan terakhir klub dibubarin,” cetusnya.

Sebagai pihak ketiga dalam persepak­bolaan Indonesia, Putri memilih menutup mata perihal masalah kisruh di tingkat pusat.

Baca Juga :  Percasi Kabupaten Bogor Targetkan 7 Emas Pada Porprov XIV Jabar 2022

Namun, sekalipun kini sepak bola Tanah Air masih keruh dan belum men­emui kejelasan, dia memas­tikan Corsa Achiles tak akan kapok menjadi sponsor Persib.

“Kita gak mau terjun di politik. ISL sampai berhenti dibelakangnya ada apa, tapi kita mau seperti pemuda yang memiliki kesamaan, spirit jiwa muda untuk terus mendukung persepakbo­laan Indonesia,” tegas Putri.

Putri menjelaskan, se­benarnya tim Persib ini masih menggiurkan bagi pe­rusahaan yang ingin meng­gunakan skuat Maung Band­ung sebagai media promosi.

Walaupun secara nyat­anya PT PBB tidak membuat kegiatan, tapi dia melihat peluang besar dari bobotoh yang jumlahnya mencapai jutaan orang.

“Pertama sebenarnya me­lihat peluang digital market­ing meningkat, kenapa kita gak gunakan masa kita di so­cial media sebagai ajang pro­mosi dengan follower Persib sampai tujuh juta orang,” pungkasnya.

(Imam/net)