Untitled-14Setelah berlangsung se­jak bulan Mei 2015, dan melakukan sosialisasi kompetisi di 10 kota, yaitu Jakarta, Bandung, Medan, Semarang, Jogja, Surabaya, Malang, Denpasar, Balikpapan, dan Makassar, masa submission ‘The NextDev’ resmi ditutup pada 27 Juli 2015. Program ini pun disambut antusias dan ber­hasil menjaring sebanyak 507 peserta (363 tim dan 144 indivi­du) yang kemudian akan diselek­si menjadi 20 finalis dan mengi­kuti proses penjurian akhir.

Vice President Corporate Communications Telkomsel, Adita Irawati mengatakan, se­lama masa sosialisasi kompetisi di 10 kota Telkomsel melihat ada antusiasme yang sangat besar dari anak muda di berbagai lo­kasi di Indonesia untuk mem­buat lingkungannya menjadi lebih baik.

“Banyaknya aplikasi yang terjaring di kompetisi ini juga menunjukkan bahwa banyak developer muda Indonesia yang ingin berkontribusi terhadap pengembangan Smart City,” jelas Adita dalam keteranagn res­minya kepada BOGOR TODAY.

Baca Juga :  Selama 14 Hari Mie Gacoan Cilendek Disegel Pol PP Akibat Belum Kantongi Izin

Adita kembali menekankan bahwa The NextDev bukan han­ya merupakan kompetisi untuk mendapatkan aplikasi Smart City terbaik, namun lebih jauh lagi ingin mengajak keterlibatan anak muda Indonesia untuk memberikan dampak sosial yang positif kepada lingkungan sekitarnya melalui penggunaan teknologi informasi yang tepat guna. Kehadiran The NextDev di 10 kota juga mendapatkan du­kungan penuh dari stakeholders setempat seperti pemerintahan kota yang ‘menantang’ para de­velopers untuk berkreasi.

Para developer muda ini di­tantang untuk memberikan solusi aplikasi di enam sub tema yang telah ditetapkan, yaitu pemerintahan, kesehatan, pen­didikan, UKM, pariwisata, dan transportasi publik. Nantinya, sebanyak 20 tim akan terpilih menjadi finalis, dan mengikuti proses penjurian akhir yang ter­diri dari bootcamp (design, de­velopment, distribute), pitching, dan investor meet up. Tiga tim terbaik juga akan mendapatkan hadiah utama berupa uang tunai selain kesempatan melakukan study visit ke pelaku industri telekomunikasi besar di luar negeri.

Baca Juga :  Lorin Sentul Hotel Re-contracting Dengan PT Hotel Sarana Sirkuitindo Hingga 2026

 “Lewat The NextDev kami harap akan lebih banyak lagi keterlibatan dari berbagai pihak sehingga penerapan Smart City di berbagai daerah di Indonesia akan dapat diper­cepat karena dibutuhkan juga partisipasi aktif dari Smart Citizen atau Smart Community sebagai salah satu pilar,” jelas Adita.

Dalam pengembangan se­buah konsep kota pintar, ten­tunya diperlukan dukungan berbagai pemangku kepent­ingan yang saling berkolabo­rasi, mulai dari pemerintahan, akademisi, komunitas atau masyarakat, developer, me­dia, dan industri. Lewat kom­petisi The NextDev, diharapkan kolaborasi ini akan dapat ter­wujud.

Hadirnya The NextDev se­bagai salah satu program CSR (Corporate Social Responsi­bility) juga diharapkan akan mampu mempercepat tumbuh kembangnya ekosistem Digital di Indonesia, dimana terdapat tiga aspek yang perlu diban­gun, yaitu Device, Network dan Application atau dikenal den­gan DNA.

(Apriyadi Hidayat)