IMG_2685TIM berjuluk Laskar Pajajaran boleh mati suri dan menghilang dari kancoh kompetisi nasional. Namun dua orang pemainnya berhasil lolos Seleksi Daerah (Selekda) Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 dan dipastikan memperkuat kontingen Jawa Barat (Jabar)

Oleh : Adilla Prasetyo Wibowo
[email protected]

Asosiasi Kabupaten (Askab) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Bo­gor berhasil meloloskan dua orang pese­pakbola putra daerah untuk memperkuat kontingen Jabar. Dua orang tersebut saat ini masih tercatat sebagai pemain reguler Persikabo.

Selain itu, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bogor juga mengirimkan 18 atlet dari cabang olahraga (cabor) unggulan untuk mem­perkuat kontingen Jabar di ajang PON XIX/2016. Ca­bor unggulan tersebut antara lain seperti silat, tae­kwondo, paralayang, gantole, atletik, dan biliard.

Baca Juga :  Ribuan Suporter Nyalakan 1000 Lilin dan Gelar Doa Bersama di Stadion Pakansari 

“Dari lima pemain yang ikut seleksi, ternyata Pelatih Kepala Sepakbola Jawa Barat, Wartakusuma dan Direktur Tehnik, Deni Syamsudin memilih Na­zar (wing back) dan Sandi (striker) sebagai bagian dari tim sepak bola Jawa Barat,” kata pelatih Per­sikabo, Abdus Shobur.

Mantan pemain Persib ini menambahkan, ter­pilihnya kedua pemain tersebut selain karena skill yang mumpuni, juga memiliki cukup pengalaman dan mental karena kedua pemain merupakan pe­main inti di Persikabo walaupun usianya muda. “Memang untuk sepak bola, penyumbang pemain terbanyak selain Persib dan PBR , Persikabo juga menjadi langganan menyumbang pemain untuk PON,” akunya.

Baca Juga :  Striker Timnas Curacao Kenji Gorre Terpikat Keindahan Kabupaten Bogor

Terkait peluang tim sepak bola Jawa Barat dalam menjuarai PON XIX tahun 2016 di Jawa Barat, ayah satu anak ini sedikit berkomentar. “Tim sepak bola yang paling kuat saat ini adalah Papua dan Jawa Timur. Kedua provinsi pembinaan sepak bolanya lebih baik dari Jawa Barat, apalagi profesionalnya di sana lebih banyak seperti Persipura, Persiwa Wamena, Persiram Raja Ampat dan Persidafon,” ujarnya.

Sedangkan Jawa Timur, lanjutnya, memiliki Persebaya, Persela Lamongan, Arema, Persema, Persik Kediri dan Semen Gresik. “Mudah-mudahan walaupun bukan termasuk unggulan, tim sepak bola Jawa Barat bisa menjadi juara, apalagi kita ber­laga di rumah sendiri, pungkasnya.