saBOGOR TODAY – Pemerintah Kota Bogor bersama Direktorat Jenderal Cipta karya Kementerian PU dan Perumahan Rakyat meng­gelar sosialisasi rencana pemban­gunan fisik pekerjaan Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH) 2015 kepada warga yang bermu­kim di sekitar Lapangan Heulang, Kelurahan Tanahsareal, Keca­matan Tanahsareal, Kota Bogor, kemarin.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Rocky Adam dan Sekretaris Daerah Kota Bogor, Ade Sarip Hi­dayat mengatakan, Taman Heu­lang ini merupakan salah satu implementasi nyata dari program yang digagas oleh Kementerian PU dan Perumahan Rakyat dalam pengembangan Kota Hijau atau P2KH.

Menurut Rocky, program ini telah bergulir sejak tahun 2011 sampai 2015 dan kebetulan Kota Bogor ini salah satu kota yang cuk­up bagus kinerjanya yang hampir setiap tahun mendapatkan fasili­tasi dari Kementrian PU.

Baca Juga :  Program Otsuka Blue Planet Edukasi Masyarakat Tanggulangi Sampah

Taman Heulang secara konsep merupakan miniatur dari Kota Hi­jau yang telah memenuhi 8 atribut dari kota hijau yang telah ditentu­kan dimana pengerjaanya akan di­laksanakan selama 150 hari terhi­tung mulai dari tanggal 4 Agustus sampai 31 Desember mendatang oleh kontraktor PT. Uber Karya. “Demi kelancaran proyek ini kami mohon dukungan warga sekitar agar taman ini dapat terbangun secara optimal sehingga dapat mewujudkan visi dari bapak Wa­likota menjadikan Kota Bogor sebagai Kota Sejuta Taman” ujar Rocky. “Mudah-mudahan sinergi yang dapat terwujud disini bisa memberikan dampak yang posi­tif,” tegasnya.

Kepala Bidang (Kabid) Perta­manan pada Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP), Yadi, mengatakan Pembangunan Fisik Taman Heulang, rencananya akan dimulai Senin (10/08/15) dan bakal dikerjakan selama 150 hari kerja. Pembangunan taman ini atas bantuan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Baca Juga :  Tirta Pakuan Terapkan Prinsip Tata Kelola Perusahaan (GCG)

“Proses lelangnya sudah se­lesai dan semuanya dikerjakan di pusat, dan pemenang proyeknya akan segera melaksanakan pe­kerjaannya. Insya Allah Senin (10/08/15) besok sudah bisa dimu­lai,” jelas Yadi.

Dalam pelaksanaan proyek Lapangan Heulang ini, katanya, Pemkot Bogor melalui DKP hanya sebatas akan melakukan peman­tauan pekerjaannya saja.”Karena pihak ketiga yang telah ditunjuk dari pusat akan melakukannya,” ungkap Yadi.

Saat ditanya soal besaran anggaran yang dikucurkan Ke­menterian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk mem­bangunnya, Yadi menyebutkan dananya sebesar Rp 5 miliar.

(Guntur Eko Wicaksono)