IMG_9666BADAN Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) mengeluarkan surat rekomendasi untuk bergulirnya turnamen Piala Kemerdekaan yang rencananya bakal dimulai Sabtu (15/8/2015)

Oleh : Adilla Prasetyo Wibowo
[email protected]

Sekjen Badan Olahraga Profesional In­donesia, Heru Nugroho mengonfir­masi telah mengeluarkan rekomen­dasi untuk penyelengaraan ajang Piala Kemerdekaan pada 15 Agustus men­datang. “Dokumen legal penanggungjawab turnamen, ketersediaan finansial, semua persyaratan sudah dipenuhi tim transisi dan EO. Sekarang mereka sedang urus ijin kepolisian,” kata Heru melalui pesan sing­kat seperti dilansir CNN Indonesia, Selasa (11/8/2015).

Baca Juga :  Buntut Tragedi Kanjuruhan, Jokowi Minta Liga 1 Dihentikan Sementara

Dalam surat rekomendasi BOPI, jelas tertulis bahwa PT Cataluna Sportindo akan bertindak sebagai panitia nasional Piala Ke­merdekaan. Selaku panitia nasional, Cata­luna wajib mematuhi segala peraturan dan memenuhi standar pelaksanaan pertandin­gan sepak bola profesional.

Melalui surat yang ditandatangani Ket­ua Umum BOPI, Noor Aman, tertulis pula memberikan rekomendasi kepada klub-klub yang berbadan hukum untuk mengi­kuti kompetisi tersebut. Piala Kemerdekaan sendiri akan diadakan pada 15 Agustus sam­pai 5 September di Medan, Serang, Cilegon, Solo, Bantul, dan Madiun.

Baca Juga :  Ungkap Alasan Tak Selebrasi di Indonesia U-17 vs Guam, Ini Dia Kata Arkhan Kaka

Rekomendasi tersebut pun berlaku seb­agai persyaratan mengajukan permohonan izin kepada Kepolisian Republik Indonesia terkait izin keramaian. Selain itu, Cataluna juga wajib memberikan fasilitas penga­wasan yang dilakukan petugas dari BOPI.

“Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan dengan catatan apabila ternyata di kemudian hari terdapat kekeliruan, maka akan dilakukan peninjauan atau pencabu­tan rekomendasi sebagaimana mestinya,” demikian bunyi penetapan surat rekomen­dasi BOPI tersebut.