BTM-(8)Kerusakan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) milik Bogor Trade Mal (BTM) tak kunjung dibereskan. Komisi C DPRD Kota Bogor dan Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Bogor nampak saling menjatuhkan dalam perkara itu. Mereka malahan terkesan tak pro terhadap nasib warga yang mulai mengeluhkan bau busuk dari saluran mal terbesar di Jalan Djuanda itu.

Oleh : Guntur Eko Wicaksono
[email protected] .com

Ketua Komisi C DPRD Kota Bogor, Yus Ruswandi, mengatakan, pihaknya memberikan empat daf­tar dosa manajemen BTM. “Kami masih menunggu janji BPLH terkait hasil uji IPAL yang ma­sih di lab,” ujarnya.

Lebih lanjut, Yus menambahkan pihaknya belum bisa sidak lagi ke lokasi kalau uji IPAL tersebut belum keluar hasilnya. Selain itu, komisi bidang lingkungan juga memantau keempat poin yang direkom kepada manajemen BTM terkait bobroknya saluran IPAL mal. “BPLH janjikan hasil labnya Senin pekan depan. Jadi kita lihat hasilnya dulu,” bebernya.

Baca Juga :  Truk Bermuatan Galon Tabrak Kendaraan di Jagorawi, Polisi : Tidak Ada Korban Jiwa

Salah seorang pengunjung, Hil­man Irwansyah (21), mengatakan dirinya mencium bau tak sedap ke­tika memasuki parkiran mal BTM. “Memang bau busuk itu disitu (area masuk red) kayak bau bangkai, saya rasa sih dari sampah nggak tau juga kalau dari yang lain,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Badan Pen­gelolaan Lingkungan Hidup, Lilis Sukartini, mengatakan pihaknya juga masih menunggu hasil lab yang hasilnya baru keluar minggu depan. “Hasilnya masih di lab IPB,” ujarnya.

Baca Juga :  Jadi Sumber Air Baku, Dirut Perumda Tirta Pakuan Lakukan Giat Susur Sungai Ciliwung 

Disinggung kapan hasil tes lim­bah tersebut keluar, Lilis enggan memberikan janji kepada wartawan koran ini.

Soal ini, Manager Marketing dan Komunikasi Mal BTM, Sharon Ve­brilla, membantah. Ia menganggap persoalan ini sudah selesai. Menu­rutnya, pihaknya sudah memper­baiki saluran Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL). “Kalau soal keru­sakan dan perbaikan sudah selesai,” begitu, kilahnya.

Disinggung soal bau busuk yang masih tercium disekitar mal BTM, Sharon mengatakan, sudah selesai semuanya mas dan tidak ada bau yang tercium lagi. “Sudah engga ada bau kok mas, dan kan juga lagi pro­gres pengerjaan juga,” kata dia. (*)