maxresdefault

Oleh : Adilla Prasetyo Wibowo
[email protected]

Andromax yang pada awalnya hanya sebagai pendukung bisnis utama Smart­fren di luar dugaan menjadi brand yang kuat dan sukses diter­ima pasar. Andromax bahkan bisa bersaing dengan raksasa produs­en ponsel, Samsung.

Pada tahun 2014, per­angkat Andromax, disebut Smartfren, telah terjual sebanyak 2,8 juta unit. Ca­paian tersebut membuat Andromax menempati peringkat kedua terbesar produsen ponsel pintar di Indonesia, di bawah Samsung.

Selama ini, Smart fren h a ny a melabeli ulang ponsel bua­tan vendor smartphone lain, seperti Haier dan Hisense dengan merek da­gang Andromax. Selain itu, Andromax secara eksklusif hanya mendukung layanan seluler dari Smartfren.

Baca Juga :  Kecelakaan maut di Tol Semarang-Solo, 3 Orang Tewas

“Ada cita-cita besar un­tuk menjadikan Andro­max merek ponsel sendiri yang asli Indonesia,” kata Head of Marketing & Cor­porate Strategy Smarfren Telecom, Roberto Saputra, Rabu (12/8/2015).

Menurut Roberto, sudah ada rencana menjadikan Andromax sebagai merek ponsel sendiri tapi ting­gal soal waktunya. Andro­max sebagai merek ponsel nantinya bisa digunakan untuk semua layanan op­erator seluler, tak terbatas hanya untuk kartu Smart­fren.

Meski demikian, ada hal lain yang masih dipertimbangkan Smartfren apabila Andromax menjadi vendor ponsel. “Kalau An­dromax dilepas, ini berarti membuka kesempatan bagi operator seluler lain un­tuk memanfaatkan Andro­max,” ujar Roberto.

Baca Juga :  Pemkab Bogor Bantu Korban Gempa Cianjur yang Mengungsi di Kecamatan Leuwisadeng

Roberto menegaskan, Andromax untuk semen­tara masih fokus melayani bisnis utama Smarftren, yaitu layanan seluler. “Jan­gan sampai Andromax dilepas, bisnis Smarfren malah jadi turun,” lan­jutnya.

Smartfren saat ini ten­gah gencar mempersiapkan layanan 4G-nya. Bulan Juli lalu, ponsel 4G telah diluncurkan Smartfren, yaitu Andromax R, Q, Qi, Ec, dan Es. Untuk layanan­nya, Smartfren telah mel­akukan pengujian jaringan 4G miliknya di beberapa kota. Dalam menggelar 4G, Smartfren menggunakan spektrum 850 MHz dan 2.300 MHz.