pestarakyat223BOGOR, Today Pesta berb­agai lapisan masyarakat dari berbagai kalangan masyarakat Bogor berlangsung di Lapan­gan Kelurahan Situ Gede, Ke­camatan Bogor Barat, Kota Bo­gor. Kemeriahan dan perayaan dalam perbedaan suku, agama, sosial dan usia ini menjadi jem­batan kebersamaan dan dalam rangka HUT RI ke-70. Ratusan warga Kota Bogor dan segenap pejabat pemerintahan mema­dati lokasi wisata danau seluas enam hektar itu. Dalam pem­bukaan acara tersebut Waliko­ta Bogor, Bima Arya Sugiarto menegaskan, gelaran acara ini merupakan pesta rakyat. “Warga yang saya hormati, hari ini saatnya pesta rakyat. Kita bergembira ria merayakan ke­merdekaan Indonesia ke-70,” ucapnya.

BACA JUGA :  Para Ibu Wajib Tahu, Ini Dia 10 Makanan Mengandung Zat Besi yang Baik Anak

Acara tersebut juga dihadiri oleh Wakil Walikota, Sekretaris Daerah, para kepala dinas, pe­jabat Satpol PP, LPM, pengger­ak PKK, dan sejumlah aparat. Para pejabat turut memeriah­kan gelaran pesta rakyat den­gan mengikuti kegiatan perlom­baan khas 17-an seperti balap karung, tarik tambang, panjat pinang, pukul bantal, makan kerupuk, dan lain-lain.

Sebelumnya, pukul tujuh pagi, warga Kampung Jawa, Kelurahan Situ Gede, mengge­lar upacara bendera yang unik. Sekitar 100 warga setempat ber­parade mengenakan pakaian ala pahlawan, petani, pegawai dan pakaian adat. Uniknya lagi, warga juga melakukan perin­gatan detik-detik Proklamasi dengan mengibarkan bendera di tengah danau. Bendera merah putih yang berkibar di atas tiang panjang ditancap­kan di tengah Situ Gede den­gan menggunakan perahu be­bek. Acara juga dimeriahkan dengan berbagai jenis lomba seperti lomba tarik tambang, balap karung dan lomba pukul bantal. Perlombaan ini diikuti oleh pejabat pemerintah yang berbaur dengan masyarakat.

BACA JUGA :  Kasus DBD Melonjak, Kota Bogor Siap Lakukan Gerakan Jumantik Lebih Masif

Bima Arya menambahkan, kegiatan ini adalah rutinitas tahunan yang dihelat Pemkot Bogor untuk membuat agar makna kemerdekaan dirasakan masyarakat. “Kita berharap kegiatan ini lebih mampu mendekatkan masyarakat den­gan aparat pemerintahan. In­syaAllah dari momentum ini, kita berharap akan lahir ke­bersamaan antara masyarakat dengan aparat pemerintah,” tuntasnya.

(Rizky Dewantara)

============================================================
============================================================
============================================================