alfian mujani 240MENGHASUT, asal katanya hasut. Dalam ka­mus, hasut berarti membangkitkan hati orang supaya marah, melawan dan memberon­tak. Dalam bahasa agama, hasut disebut sebagai salah satu penyakit hati yang buruk dan sangat berbahaya.

Banyak orang yang mengidap penyakit hasut, tapi tidak menyadarinya. Hasut sangat berbahaya tidak hanya bagi setiap individu, tapi bagi masyarakat dan sebuah bangsa. Para ahli etika dan ahlak, menggolongkan penyakit hasut sebagai sifat manusia paling tercela. Karena hasut memiliki dua dampak merusak; merugikan orang yang hasut dan orang yang dihasuti.

Hasut menyerang siapa saja dan dari kalangan manapun. Bisa kalangan intelektual, kalangan beragama, bisa juga kaum ateis. Bisa kaum kaya, bisa juga melanda kaum miskin. “Hasut membakar keimanan seperti api membakar kayu.” Bicara buruk dan gibah adalah bagian awal dari hasut. Orang yang gemar menghasut atau tukang hasut itu kehilangan akal sehat. Karena itu, orang yang terkena penyakit hasut disebut juga orang gila. (*)