kereta-anjlokJAKARTA TODAY – Kereta Com­muterline Jurusan Bekasi-Jakar­ta Kota, anjlok di kawasan Stasi­un Manggarai, Jakarta, kemarin petang. Akibatnya, ribuan pen­umpang asal Bogor, Bekasi dan Depok, numpuk tak karuan dan pulang terlambat.

“Seluruh perjalanan KRL relasi Bekasi-Kota dialihkan melalui Pasar Senen sampai dengan Stasiun Jakarta kota,” kata Corporate Communication Manager PT KAI Commuter Ja­bodetabek (KCJ), Eva Chairuni­sa, kemarin.

Eva mengatakan, KRL an­jlok ini juga menyebabkan antrean kereta di ruas Jakarta- Bogor. Antrean ini menjadikan perjalanan KRL Jakarta-Bogor menjadi lebih lama.

Baca Juga :  DPRD Kota Bogor Hapus Pengajuan Uang Penyertaan Modal Perumda Pasar Pakuan Jaya

“Pengguna jasa yang tidak dapat menunggu diperkenan­kan untuk menggunakan moda transportasi lain dan melaku­kan pengembalian tiket apabila sudah melakukan transaksi tik­et,” katanya.

Gerbong kereta Bekasi-Jakar­ta anjlok sekitar pukul 14.35 WIB di jalur 3 Stasiun Manggarai.

Setiawan, salah seorang saksi mata mengatakan, kereta tersebut anjlok sekitar pukul 14.30 WIB, Rabu (19/8/2015), dengan jarak sekitar satu kilome­ter menjelang stasiun Manggarai dari arah Bekasi. Menurutnya, seluruh gerbong di bagian depan berhasil masuk ke peron, na­mun satu gerbong wanita paling belakang malah keluar rel. “Ini hanya gerbong paling belakang, khusus wanita. Yang depannya lolos semua, masuk ke dalam peron,” kata Setiawan yang juga penumpang ke arah Bekasi.

Baca Juga :  IPB RUN 2022, Lari Sambil Tanam Pohon Langka

Sejauh pantauannya, kereta tidak sampai terguling. Tak ada juga laporan korban luka akibat peristiwa ini. “Ada satu dua orang yang pingsan, mung­kin karena shock” imbuhnya.

(Guntur Eko Wicaksono/*)