Foto-HL-B2-Unida-ReniBOGOR, Today – Reni. Namanya singkat saja. Maha­siswi Fakultas Eko­nomi Islam, Uni­versitas Djuanda, (UNIDA), Bogor, Semester III ini, ber­hasil memenangkan Juara Pertama Tar­tilil Qur’an, untuk cabang Murattilah, dalam rangkaian Musabaqah Tilawa­til Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN) XIV di kampus Uni­versitas Indonesia, Depok.

Gadis manis berkaca mata ini menyabet nilai tertinggi, yakni 98.00, mengalahkan peserta dari Uni­versitas Negeri (UN) Medan, UII (Yogya), UN Surabaya, Uni­versitas Sumut dan Universitas Al-Mus­lim. Reni, putri ke tiga dari empat ber­saudara, yang lahir di Koto Jayo, 26 Desem­ber 1995 beralamat Koto Jayo Palepat Ilir Kabupaten Muara Bungo Provinsi Jambi ini, mengaku bahwa dirinya dapat meraih kemenangannya itu tidak dengan begitu saja, melainkan den­gan kerja keras dan sungguh-sungguh. “Alhamdulillah, saya sangat bersyukur dengan nikmat yang telah Allah berikan ke pada saya,” ung­kapnya sesaat setelah ia ditetapkan sebagai Juara Pertama.

Baca Juga :  IKA YZA Ciawi Gelar Silaturahmi "Back to Campus 2"

Sebanyak 1.867 mahasiswa dari 67 Perguruan Tinggi di Indonesia memperli­hatkan kemampuan­nya dalam MTQMN yang berlangsung selama dua pekan lalu dan merupakan ajang yang terse­lenggara berkat ker­jasama UI dan Ke­menristek Dikti sejak 1 – 8 Agustus 2015, lalu. Terdapat 13 je­nis musabaqah yang dilombakan, antara lain Debat Pengeta­huan Alquran dalam bahasa Inggris, Mu­sabaqah Tilawatil Quran, Musabaqah Tartilil Quran, Musabaqah Qiraat Sab’ah, Musabaqah Hifzhil Quran untuk 1, 5 dan 10 Juz serta Musabaqah Khaththil Quran. Dari jumlah peserta itu, ajang ini menghasilkan 36 pemenang dari 167 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di seluruh Indonesia. Per­guruan Tinggi itu antara lain adalah UI, ITB, UGM, UNSRI, USU, UNDIP, UII dan lainnya. Sedang dari Bogor hanya diikuti oleh mahasiswa UNIDA dan IPB yang memenangkan Juara I dalam De­bat Bahasa Inggris. Dari seluruh Perguruan Tinggi itu pemenang terbanyak ( Juara Umum) diraih oleh Universitas Negeri Malang, diikuti oleh tiga pemenang dari ITB. Beberapa Perguruan Tinggi lain hanya hanya menyabet satu pemenang.

Baca Juga :  IKA YZA Ciawi Gelar Silaturahmi "Back to Campus 2"

Unida mampu meraih dua juara di ajang tersebut. Selain Reni, Juara Harapan III yang diraih melalui cabang Hifzh Al-Qur’an 1 juz dipersembahkan oleh Hasanatul Ahwal, mahasiswi dari Fakultas Ekonomi Islam Unida. Cabang Tartil Al-Qur’an yang dilombakan dalam lomba MTQMN itu terdiri dari Murattil dan Murattilah, Dari Cabang Hifzh Al-Qur’an, adalah Hafizh dan Hafizhah. Sedang cabang Hifzh Al-Qur’an, adalah Hafizh 5 Juz dan Hafizhah 5 Juz. (Rifky Setiadi)