IMG_2705Penyelenggara turnamen Piala Pres­iden, Mahaka Sports and Enter­taiment, menyiapkan sanksi bagi pemain dan klub yang melakukan pelanggaran terutama kekerasan di atas la­pangan. Sanksinya pun berbeda-beda.

CEO Mahaka, Hasani Abdul Gani men­gatakan pelanggaran yang dimaksud adalah tindak kekerasan yang dilakukan kepada wa­sit maupun sesama pemain. Memukul wasit misalnya, jika itu dilakukan, masing-masing kesebelasan dan pemain akan diberikan sanksi berupa denda.

Apabila pemain melakukan pemukulan terhadap wasit, maka pemain itu dilarang tampil lagi bersama klubnya di Piala Pres­iden. Klubnya pun diberikan denda sebesar Rp 100 juta.

Namun, apabila pemain melakukan ker­ibutan sesama pemain, maka si pemain akan didenda sebesar Rp 50 juta. Hal itu diterap­kan agar menciptakan suasana kompetisi yang bersih dari kekerasan dan anarkis sep­erti yang pernah terjadi selama ini. “Kami in­gin menciptakan kompetisi yang bersih. Oleh sebab itu sanksi denda ini kami terapkan dari awal,” katanya, Senin (24/8/2015).

Baca Juga :  Tahun Ini Akan Ada Dua GOR yang Akan Berdiri di Kota Bogor Sebagai Janji Kampanye Wali Kota

Di Piala Presiden, Mahaka memberikan uang Rp 600 juta kepada masing-masing tim di penyisihan grup. Namun Hasani men­gatakan hanya akan memberikan Rp 500 juta, sementara Rp 100 juta-nya akan dide­positkan. “Rp 100 juta kami tidak berikan dulu untuk jaga-jaga. Jika terjadi sesuatu bisa kami potong dari uang itu,” ujarnya.

Belum lama ini kasus kekerasan di la­pangan sepakbola kembali mengemuka. Di turnamen Piala Kemerdekaan yang digagas Tim Transisi dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), sedikitnya ada dua insiden penyerangan terhadap wasit.

Baca Juga :  KORMI Kota Bogor Raih 9 Juara di 5 Inorga pada Pembukaan FORPROV ke 4 Tahun 2022

Yang pertama dilakukan pemain Persebo Bondowoso, yang menendang wasit karena merasa sang pengadil tidak adil. Kedua, pela­tih Persis Solo, Aris Budi, menanduk asisten wasit dalam pertandingan timnya melawan Persinga Ngawi di Stadion Manahan, Solo, pada Kamis (20/8/2015) lalu.

Piala Presiden sendiri akan diikuti oleh 16 klub yang dibagi menjadi empat grup. Kick off akan digelar pada 30 Agustus yang me­nampilkan Bali United Pusam melawan Per­sija Jakarta sebagai laga pembuka di Stadion Gianyar, Bali. Rencananya Presiden Joko Widodo akan hadir di acara pembukaan.

Oleh : Adilla Prasetyo Wibowo

[email protected]