254550_heroaBALIKPAPAN, Today – Persiba Balik­papan terus menunjukkan persiapan matangnya menghadapi Piala Pres­iden 2015. Dua kemenangan bertu­rut-turut diraih tim berjuluk Beruang Madu pada laga uji coba yang hanya berselang dua hari.

Usai mencukur PS Bapor Pem­kot dengan skor 9-0 pada laga yang berlangsung Kamis (20/8), Persiba juga sukses menggulung PS Gunung Malang, kemarin (22/8).

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Persiba tersebut, Joko Sidik cs menang 5-0 lewat gol yang ditorehkan Amadou Gakou pada menit 47, 57 (p), Miftahul Hamdi (15), Rendi Saputra (37), dan Bayu Pradana (62).

Namun, yang menjadi penilaian tim pelatih bukan hasil tersebut melainkan organisasi permainan yang sebelumnya belum terlihat dalam uji coba pertama.

“Hari ini (kemarin, Red) saya me­lihat ada peningkatan cara bermain anak-anak. Pola satu-dua, sentuhan, dan koordinasi mulai terbentuk ses­uai program latihan yang saya berikan beberapa hari terakhir. Namun, masih ada kekurangan harus segera diperbai­ki,” ujar Pelatih Persiba, Eduard Tjong.

Menurutnya, ada dua kekurangan harus segera dibenahi. Pertama, ke­tika pemain satu lawan satu dengan lawan. Kedua, finishing. Wajar, menu­rut penilaian di lapangan, penggawa Persiba sesekali kalah duel satu lawan satu. Biasanya, lawan masih bisa men­gontrol bola dengan santai dan menga­tur serangan dengan baik.

Tentu kondisi tersebut tidak boleh terjadi ketika menghadapi tim sekelas Persib Bandung. Sebab, jika penggawa Maung Bandung leluasa memainkan bola, ancaman dipastikan mengham­piri pertahanan Beruang Madu.

Bahkan, bukan mustahil kebobolan mengingat ketajaman lini serang Pers­ib cukup baik. Di sana ada Tantan dan Ilija Spasojevic.

Penyerangan memang patut di­perbaiki. Dari lima gol tersebut, tiga di antaranya lahir lewat set piece. Satu shooting dari luar kotak penalti, satu lagi rebound. Sementara skema permainan Persiba kemarin terlihat dominan dari sisi sayap. Sayang, tidak membuahkan hasil.

“Kami memang memiliki banyak peluang dan seharusnya terjadi gol. Tentu itu pekerjaan rumah yang harus kami selesaikan sebelum ke Bandung. Soalnya saya yakin ketika melawan Persib tidak mudah mendapatkan pel­uang,” terangnya.

(Imam/net)