Untitled-11Bertambah lagi jumlah sineas ketu­runan Indonesia yang berkiprah di Hollywood. Selain Pierre Coffin lewat film Minions ternyata ada juga Livi Zheng. Sineas kelahiran Jawa Timur, 3 April 1989 ini rupanya sudah beberapa ta­hun ini berkarier di Hollywood.

Livi menceritakan jatuh-bangunnya dalam membangun karir sebagai sutradara film di Hollywood. Kemampuan perempuan etnis Tionghoa itu, awalnya sering dipandang sebe­lah mata oleh para profesional di Hollywood lantaran dia berasal dari Asia, seorang perempuan, dan usianya yang masih muda. “Tapi saya tunjukin saja kemampuan saya. Setiap kali jatuh, saya bangkit dan memperlihat­kan bahwa saya bisa,” kata Livi.

Kesempatan bagi Livi untuk berkarya di Hollywood terbuka ketika akhirnya dia bisa menghasilkan sebuah skenario film yang ba­gus sehingga tokoh perfilman di Hollywood mau mencoba membuka pintu kerjasama. Livi berhasil menyutradari film berjudul Brush with Danger, The Empire’s Throne, dan Legend of the East yang semuanya meraih sukses di Hollywood.

Baca Juga :  Diduga Data Bank Indonesia Bocor

“Di Hollywood itu enggak banyak orang Indonesia. Saya ini dari Asia, perempuan dan masih muda, itu tantangan paling berat untuk menyakinkan orang-orang Hollywood, tetapi saya tunjukin saja kemampuan saya,” ujarnya. Livi Zheng lalu mulai tampil sebagai pemain sekaligus produser di film The Em­pire’s Throne (2013). Di tahun 2014, Livi Zheng memulai debutnya sebagai sutradara lewat film Brush With Danger. Livi juga merangkap sebagai pemain utama dan produser di film yang juga dibintangi oleh Ken Zheng dan Nor­man Newkirk tersebut.

Seperti dilansir dari VOA, film Brush With Danger yang mengambil lokasi di kota Seattle dan Los Angeles ini, ternyata menarik perha­tian industri film dan para pembuat film di China. Livi sempat diundang untuk menjadi pengajar tamu dan memberikan workshop di kampus-kampus jurusan sinematografi di Bei­jing. Sementara itu, setelah melewati proses yang cukup lama, akhirnya film Brush With Danger lolos sensor di Lembaga Sensor Film (LSF) dan rencananya akan tayang di akhir tahun ini.

Baca Juga :  Komisi III DPR RI Murka Dengan PT. Sentul City

Film tersebut sudah tayang di AS pada September 2014. “Akhirnya film saya akan beredar (di Indonesia). Di Amerika Serikat, sambutannya cukup hangat dan sempat diputar selama dua bulan di jaringan bios­kop ternama di sana,” ucap Livi Zheng yang sempat kembali ke Indonesia beberapa waktu lalu.

Saat ini Livi sedang menyelesaikan film kedua, yang dibintangi oleh sederet aktor dan aktris Hollywood seperti Tony Todd, John Savage, Keith David, Madeline Zima dan Sean Patrick Flannery. Kita tunggu saja penayan­gan film Brush With Danger, film Hollywood yang disutradarai sineas asal Indonesia, Livi Zheng.

Oleh : Apriyadi Hidayat
[email protected] (*)