Untitled-5JAKARTA TODAY – Kloter demi kloter jemaah haji Indonesia ter­bang meninggalkan Tanah Air men­uju Tanah Suci. Total sudah ada 58 kloter yang masuk ke Arab Saudi melalui Bandara Amir Mohammad bin Abdul Azizdi Madinah.

Berdasarkan Data Sistem In­formasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) pada Rabu (26/08) pukul 08.00 WAS, sudah ada 23.735 jamaah haji yang su­dah mendarat di Bandara Amir Mohammad bin Abdul Aziz Madi­nah. Mulai tanggal 30 nanti mere­ka akan mulai didorong pindah ke Mekkah untuk memulai rang­kaian ibadah haji.

Baca Juga :  Tak Pakai Helm, Polisi Berhentikan Dua Mahasiswa Di Bandar Lampung Membawa Sabu

Sedikitnya, ada 5.709 jemaah Indonesia akan kembali men­darat di Madinah. Mereka berasal dari 14 kloter dari embarkasi Jakarta-Bekasi, Jakarta-Pondok Gede, Batam, Surabaya, Solo, Medan, Makassar, Lombok, dan Balikpapan.

Sementara itu jumlah jemaah haji yang wafat yang meninggal ada 3 orang. Suparti binti Kasan Somin Kromoharjo (70) dari Paci­tan yang wafat di Pemondokan, Madinah, dan Chamdanah Kalam Hasyim binti Kalam dari Surabaya yang wafat di pesawat dalam per­jalanan dari Surabaya ke Madi­nah.

Baca Juga :  Jual Bakso Ayam Tiren, Pasutri Ini Dijerat 15 Tahun Penjara

Satu lagi jemaah yang wafat bernama Ooy Rukoyah (55) asal embarkasi Jakarta-Bekasi. Al­marhumah meninggal di Masjid Nabawi usai menunaikan salat di masjid tempat makam Rasulullah berada.

(Yuska Apitya/net)