karina_salim_5SUKSES bisnis kecantikan, aktris dan penyanyi Karina Salim ternyata sempat menemui pengalaman tidak menyenangkan di awal-awal men­gelola salon bernama Sucre Wax Bar itu. Menurutnya tantangan terbesar dalam membangun usaha bukan soal untung-rugi tapi mengatur sum­ber daya manusia.

Bintang film ‘Mantan Terindah’ ini bercerita soal sulitnya mengatur dan mendapatkan karyawan yang berkompeten sekaligus loyal. Selama 1,5 tahun salonnya berdiri, Karina harus bergonta-ganti beberapa kali karyawan karena ketidakcocokan.

“Aku pernah punya pegawai ke­sayangan, dia sudah masuk sebelum Sucre buka. Tiba-tiba ada masalah keluarga. Suaminya melarang dia kerja. Sampai ngamuk, datang dan mengacak-acak gerai karena marah istrinya pulang malam terus,” tutur Karina, di acara ‘The Power of True Beauty’ yang diadakan House of Perempuan di Lippo Mall Kemang, Jakrta Selatan, Jumat (28/8/2015).

Selang beberapa waktu, pengal­aman tidak menyenangkan dengan karyawan kembali terjadi. Salah satu staf yang sudah dianggapnya sebagai karyawan kesayangan ternyata men­curi selama bekerja di salon aktris yang juga seorang penari balet itu.

Ia menuturkan bahwa sang kary­awan seringkali mencuri uang peru­sahaan. Bahkan ia juga tertangkap tangan mencuri ponsel. Beberapa kali bermasalah dengan karyawan, akhirnya membuat Karina lebih bi­jak dalam mengelola bisnis yang diharapkannya bisa terus berjalan dalam waktu lama.

(Yuska Apitiya Aji)