Valentino-Rossi-in-Assen-009Pembalap Movistar- Yamaha, Valentino Rossi, berhasil menjadi juara dalam balap MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone, Minggu (30/8/2015). Atas kemenangan ini, Rossi kembali ke puncak klasemen.

Oleh : IMAM BACHTIAR
[email protected]

Mengenai jalannya balapan, Jorge Lorenzo langsung me­nyodok ke posisi terdepan sejak start awal, disusul Marc Marquez di posisi kedua. Se­dangkan Pol Espargaro menempati tempati ketiga dan mendapat ancaman dari Valenc­tino Rossi.

Namun secara mengejutkan, Rossi suk­ses tampil cemerlang di balapan basah ini dengan menempati posisi tiga. Kemudian, menyodok Marc Marquez dan Lorenzo saat balapan memasuki lap kedua.

Rossi sukses memimpin balapan dengan nyaman dan terus menjaga jarak aman dari kejaran sang juara bertahan dengan unggul 3.3 detik. Hujan yang cukup deras membuat para pembalap cukup berhati-hati di seri ke- 12 ini.

Balapan sendiri sempat ter­tunda beberapa menit karena hujan turun di saat pem­balap melakukan sesi pemanasan. Kondisi itu me­maksa mereka kembali ke pit stop untuk meng­ganti motor.

Menyisakan 10 putaran lagi, Lorenzo malah harus turun hingga po­sisi keenam atau berada di belakang Dani Pe­drosa. Tengah asyik bertarung dengan Rossi, Marquez malah harus terjatuh di laps ke 13.

Rossi akhirnya berhasil mempertahank­an posisinya di urutan pertama, hingga bala­pan yang memakan 20 lap ini selesai.

“Ketika melihat Marquez terjatuh, saya sempat memperlambat laju. Tapi pada akh­irnya ini adalah MotoGP, semua orang ingin mengalahkan Anda,” kata Rossi usai balapan seperti dikutip Crash.

“Saya harus berkonsentrasi dan melaju dengan mulus. Motornya terasa bagus dan saya sangat menikmatinya,” tambah pebalap asal Italia itu.

Hujan yang turun membuat balapan diwarnai sejumlah insiden. Selain Mar­quez, setidaknya ada Pol Espargaro, Cal Crutchlow, Jack Miller, dan Yonny Hernandez yang ter­jatuh.

Di podium, Rossi ditemani dua rekan senegaranya yakni Danilo Petrucci dan Andrea Dovizioso yang finis di po­sisi dua dan tiga secara b e r u r u ­tan.

Den­gan ke­menan­gan ini, Rossi suk­ses merebut kembali puncak klasemen dari Lorenzo dengan raihan 236 poin.

Pada posisi kedua ditempati oleh Danilo Petrucci dari Pramac Rancing, yang tampil mengejutkan di seri ini.

Andrea Dovizioso di posisi ketiga, disusul Lorenzo yang mengalami gangguan pengli­hatan karena embun di kaca helmnya. (*)