HL-(2)Terobosan prograsif bakal dilakukan oleh KONI Kabupaten Bogor periode 2015-2016. Tata kelola anggaran menjadi sorotan utama kepengurusan saat ini.

Oleh : ADILLA PRASETYO WIBOWO
[email protected]

Untuk perbaikan tata kelola olahraga di Kabupaten Bogor, ja­jaran Kepengurusan Komite Olahraga Na­sional (KONI) periode 2015-2019, terus melakukan pembenahan. Petbaikan tata kelola keuangan menjadi perhatian utama.

Ketua Umum (Ketum) KONI Kabupaten Bogor, Rusdi AS men­gatakan bahwa persoalan ang­garan menjadi hal yang krusial dan menentukan keberhasilan cabang olahraga (cabor) dalam menorehkan prestasi.

“Seluruh kegiatan yang akan dilakukan pada intinya berdasar­kan program yang telah dibahas, dan menjadi blue print tata ke­lola olahraga di Bumi Tegar Beri­man. Alur kegiataan pun sangat jelas, dalam rakernis yang akan digelar september nanti, semua kepengurusan cabor wajib ha­dir,” katanya.

Dikatakannya, KONI juga telah menggandeng Badan Audit In­ternal yang dipimpin Didi Kurnia selalu Kepala Inspektorat, dengan tujuan untuk menjelaskan, dan menegaskan keseluruhan sistem pengelolaan, penggunaan serta pertanggung jawaban anggaran yang diterima semua cabor.

“Jadi, nantinya tidak bisa sem­barangan untuk pencairan dana anggaran cabor, karena nanti­nya semuanya harus mengikuti aturan, atau sistem keuangan ses­uai dengan aturan,” lanjutnya.

Sementara itu, Sekdispo­ra Kabupaten Bogor, Wawan Darmawan mengaku optimis pada kepengurusan KONI peri­ode 2015-2019 ini yang banyak melakukan terobosan positif dalam membangun sistem kerja serta tata kelola olahraga di Ka­bupaten Bogor.

“Kabinet KONI sekarang ini banyak diisi tenaga ahli sesuai dengan tupoksinya. Hal ini yang menjadi modal utama bagi KONI sebagai lembaga olahraga yang memang nantinya akan menam­pung para atlet berprestasi, dan memberikan prestasi di kancah nasional hingga internasional,” kata Wawan.

Terobosan yang lebih progresif hendak dilakukan jajaran pengu­rus KONI Kabupaten Bogor periode 2015-2019, dengan membentuk bidang yang khusus menangangi pengembangan IPTEK dalam bi­dang keolahragaan.

KONI Kabupaten Bogor membentuk bidang yang khusus menangani Sport Science, Sport Intelegen, dan Sport Medicine. “Tiga bidang pengembangan keolahragaan dalam era mod­ern itu sangat penting dilakukan agar perkembangan prestasi atlet akan terpantau, dan terus teru­kur. Ini jadi bagian penting dalam olahraga modern,” ujar Ketua Bidang Pengembangan IPTEK Keolahragaan KONI Kabupaten Bogor, Agus Putrono.

Agus menambahkan, KONI Kabupaten Bogor sudah sepakat untuk melakukan serangkaian studi banding terkait soal Sport Science, Sport Medicine, dan juga Sport Intelegen dengan menjadwalkan kunjungan ke Kemenpora, KONI Pusat, RSKO Cibubur, UNJ Jakarta, UPI Band­ung, dan UNY Yogjakarta, yang memang memiliki beberapa fasil­itas olahraga yang berkaitan den­gan bidang Sport Sciene.

“Awal September ini, kami dari Bidang IPTEK Keolahragaan KONI Kabupaten Bogor akan melakukan berbagai kunjungan terkait Sport Science. Hal ini wa­jib dilakukan karena akan men­jadi parameter bagi KONI dalam melakukan pengembangan, dan pengelolaan keolahragaan kepa­da semua cabang olahraga yang ada di dalamnya,” ucapnya.

Agus berharap, setelah melakukan studi banding ke be­berapa tempat yang memang su­dah memiliki peralatan, dan per­lengkapan terkait Sport Science, dan Sport Medicine, maka hal ini akan berdampak pada peningka­tan mutu, dan kualitas prestasi keolahragaan di Kabupaten Bo­gor. (*)