Untitled-3Suzuki Wagon R dengan kantong udara bakal diluncurkan September 2015. Seperti strategi yang diterapkan Suzuki terhadap unit yang laku keras sebelumnya, Suzuki Ertiga

Oleh : Adilla Prasetyo Wibowo
[email protected]

Mobil murah Suzuki Karimun Wagon R bakal lebih aman buat penumpang. Bulan depan, Suzuki Indomobil Sales (SIS) R4 akan meluncurkan versi ter­baru model di kelas Low Cost Green Car (LCGC) itu dengan tambahan fitur kantong udara. “Bulan depan, ya di tengahlah,” jawab Direktur Mar­keting SIS R4 Makmur ketika ditanya kapan waktu pe­luncurannya, di Tangerang, Minggu (31/8/2015).

Melengkapi model dengan kantong udara jadi cara SIS R4 merespons keinginan konsumen. Makmur mengatakan ada segmen yang ingin fitur keamanan tambahan. Buat SIS R4, produk baru ini melebarkan harga jual Wagon R di pasaran.

Makmur tidak menyebutkan selisih harga model lama dengan model plus kantong udara, namun di­pastikan penyesuaiannya sudah mengikuti kebijakan pemerintah tentang LCGC. Dalam Peraturan Men­teri Perindustrian No. 33/M-IND/PER/7/2013 tentang Pengembangan Produksi Kendaraan Bermotor Roda Empat yang Hemat Energi dan Harga Terjangkau, ter­tulis, penyesuaian harga bisa dilakukan maksimal 10 persen untuk produk yang memiliki tambahan fitur keselamatan penumpang.

Model Wagon R yang sekarang masih dijual punya 10 varian, termurah GA Rp 95,4 juta hingga AGS Di­lago Rp 125,5 juta. Jika ditambah kantong udara, harga termahal Wagon R semakin mendekati hatchback Ce­lerio (termurah Rp 147,5 juta). Kantong udara meru­pakan pilihan utama SIS R4, meski sebenarnya masih ada segmen lain yang berpotensi, yaitu peminat trans­misi otomatis. (*)

============================================================
============================================================
============================================================