IMG_9728Turnamen yang digelar oleh Tim Transisi akan segera berakhir. Namun kompetisi reguler di Tanah Air masih belum ada kejelasan terkait penyelenggaraannya

Oleh : Adilla Prasetyo Wibowo
[email protected]

Kondisi yang masih ti­dak menentu membuat banyak tim mulai galau. Tim-tim yang bermukim di kelas Divisi Utama mulai kepiki­ran dengan masa depan kompetisi sepak bola mereka, setelah turna­men yang digagas Tim Transisi PSSI ini finish. Rencananya, babak semi­final akan digelar pada 8 dan 9 Sep­tember, sementara laga final dihelat tiga hari kemudian.

Memang, tim Transisi PSSI berencana menggelar kompetisi reg­uler untuk tim-tim Divisi Utama pada November medatang. Hanya saja, belum bisa dipastikan apakah ren­cana itu bisa dieksekusi tepat waktu. “Jadi, kami berharap ada kepastian terkait kompetisi reguler untuk musim depan,” ujar Hendro Ismiar­so, manajer PS Mojokerto Putra.

Baca Juga :  Sentul Sirkuit Kembali Gelar Ajang Balap Vespa

Mantan pengurus KONI Kabu­paten Mojokerto ini menyebutkan, harapan mereka agar kompetisi Di­visi Utama harus segera bergulir itu, akan mereka sampaikan ketika per­tandingan final Piala Kemerdekaan digelar. “Kebetulan saat pertandin­gan final nanti semua manajer tim-tim peserta Piala Kemerdekaan juga diundang,” lanjut pria 59 tahun itu.

Hal senada juga disampaikan pelatih Yahukimo FC Achmad Rifai. Dia berharap, semangat tim-tim Di­visi Utama untuk berkompetisi ini harus bisa ditangkap Tim Transisi. “Karena bukan hanya 24 klub yang berlaga di Piala Kemerdekaan saja, tapi ada banyak klub yang berharap ada kompetisi reguler. Semangat besar ini yang harusnya bisa dimak­simalkan,” lanjutnya.

Asisten manajer Persekap Pa­suruan, Suhaimi juga menungkap­kan hal yang sama. Menurutnya, meski belum mendapat undangan resmi dari Tim Transisi untuk bisa menghadiri laga final Piala Ke­merdekaan, namun sesama tim peserta Piala Kemerdekaan telah memiliki semangat yang sama un­tuk sama sama membangkitkan kompetisi Divisi Utama.

Baca Juga :  PWI Kota Bogor Berangkatkan 10 Wartawan Dalam Seleksi Porwanas Tingkat Jabar

“Antara sesama manajemen kami terus saling berkomunikasi. Dan, kami akan sama-sama men­dorong Tim Transisi untuk mem­percepat kompetisi reguler Divisi Utama,” ucap Suhaimi.

Dalam perkembangan yang sama, Cheppy T Wartono salah satu anggota Tim Transisi PSSI menyatakan, mereka belum memi­liki ageda terdekat untuk bertemu dengan tim tim peserta Piala Ke­merdekaan. Apalagi sampai dengan isu pembahasan kompetisi Divisi Utama musim depan. “Belum ada agenda apa apa, kami masih fokus untuk pelaksanan laga final saja dulu,” ujar Cheppy.