rooney2KUALIFIKASI Euro Cup 2016 membawa Wayne Rooney pecahkan rekor top skor sepanjang masa The Three Lions. Rooney melesakkan satu gol dari titik putih kala menundukkanSwiss 2 – 0di Stadion Wembley, Selasa(8/9/2015)

Oleh : ADILLA PRASETYO WIBOWO
[email protected]

Wayne Rooney akhirnya menobat­kan diri sebagai pencetak gol ter­subur tim nasional Inggris. Dia melewati catatan gol legenda The Three Lions, Sir Bobby Charlton, yang telah bertahan selama empat dekade.

Rooney mencetak satu gol dari titik putih saat Inggris menang 2-0 atas Swiss di Stadion Wembley, Selasa (8/9/2015). Itu adalah gol ke-50 Rooney bagi The Three Lions sekaligus me­mastikan diri unggul satu gol atas catatan milik Charlton.

Kendati rekornya dipecahkan, Charlton mengaku gembira. “Saya ingin memberi uca­pan selamat kepada Rooney yang telah men­jadi pencetak gol terbanyak Inggris sepanjang masa,” ujar Charlton kepada BBC.

“Namun, saya tak bisa memungkiri bahwa ada sedikit kekecewaan karena tak lagi meme­gang rekor itu. Hanya, saya juga sangat gem­bira karena Rooney, kapten untuk Inggris, kini menjadi pemegang rekornya,” tutur dia.

Kebanggaan Charlton makin bertambah karena Rooney juga berstatus kapten Manches­ter United, klub yang juga pernah dibelanya. Sebagai salah satu petinggi klub, Charlton juga memberikan ucapan selamat atas nama Man­chester United.

Baca Juga :  PWI Kota Bogor Berangkatkan 10 Wartawan Dalam Seleksi Porwanas Tingkat Jabar

“Selamat, Rooney. Ini adalah momen yang sangat membanggakan buat kamu dan keluar­gamu. Ini adalah rekor yang mungkin akan ber­tahan untuk jangka waktu panjang. Sebab, saya yakin kamu akan selalu mencetak lebih banyak gol untuk klub dan negaramu,” ucap Charlton.

Rooney membutuhkan 107 laga untuk mencetak gol ke-50 sekaligus memecahkan rekor Charlton. Seusai pertandingan, dia mendapatkan kostum khusus The Three Lions dengan nomor punggung 50 dari Roy Hodgson.

Manajer Inggris, Roy Hodgson, berharap Rooney tidak akan puas begitu saja dan tetap haus gol. Hodgson turut gembira dengan pen­capaian Rooney tersebut. Dengan level per­forma seperti ini, Hodgson yakin striker Man­chester United itu masih bisa tampil paling tidak hingga tiga tahun lagi dan menajamkan rekornya.

“Pertama, saya senang dan terutama un­tuk Wayne Rooney dan pemecahan rekornya dengan mencetak golnya yang ke-50, menun­jukkan keberanian untuk menendang penalti ke langit-langit jaring gawang,” ujar Hodgson seperti dikutip Sky Sports.

Baca Juga :  PWI Kota Bogor Berangkatkan 10 Wartawan Dalam Seleksi Porwanas Tingkat Jabar

“Ini tergantung berapa lama dia bermain. Kami kira-kira memainkan 10 pertandingan dalam setahun, sedikit lebih jika kami tampil bagus di turnamen. Anda pikir dia akan terus berkarier sampai paling tidak 2018, jadi Anda mungkin bicara soal 10 atau bahkan 30 gol. Di level mencetak gol seperti ini, saya pikir 10 atau 15 gol lagi,” imbuhnya.

Rekor yang ditorehkan Rooney ini cukup spe­sial karena diraihnya di usia yang baru mengin­jak angka 29 tahun. Striker Manchester United itu kemudian akan dianugerahi sepatu emas oleh FA jelang pertandingan Inggris berikutnya melawan Estonia bulan Oktober mendatang.

“Satu hal yang menggugah saya adalah betapa bangganya dia meraih prestasi ini, bagaimana dia bertekad untuk tidak berhenti di angka 50. Saya yakin dia tidak akan berma­las-malasan, dia masih bekerja sama kerasnya dengan dirinya saat berusia 19 tahun memain­kan pertandingan pertamanya di tim. Ada banyak yang bisa dikatakan soal dirinya, tapi mungkin itu cukup,” tutup Hodgson.