Untitled-3PT Mercedes-Benz Indonesia (MBI) ingin menaikkan pamor sejumlah kendaraan komersial yang selama ini sukses di pasar truk premium, khususnya di pertambangan. Dalam ajang Mining Indonesia 2015 di JI Expo, Kemayoran, 9-12 September, MBI ingin memperkenalkan kecanggihan yang tak dimiliki truk lain

Oleh : Adilla Prasetyo Wibowo
[email protected]

Lima model dibawa di area outdoor JI Expo, masing-masing menawarkan fung­si, tenaga, kecanggihan, fitur yang memudahkan, dan peranti keselamatan yang tinggi. Semuanya lahir dari nama besar Ac­tros yang pertama kali diluncurkan pada 1996 dan diklaim sebagai truk tersukses di dunia segmen heavy duty.

Tenaga dan torsi truk-truk Actros termasuk yang terbesar di kelasnya melalui mesin OM 501 LA dan OM 502 LA yang berstandar emisi Euro III. Ka­pasitas mesin 11,9 liter V6 turbo inter­cooler, mampu menyemburkan tena­ga hingga 360-428 tk @1.800 rpm, dan torsi 1.850-2.000 Nm @1.080 rpm, bergantung variannya.

Sementara mesin 15,9 liter V8 turbo intercooler mampu meng­hasilkan tenaga hingga 530-537 tk @1.800 rpm dan torsi puncak 2.400- 2.500 Nm @1.080 rpm. Mesin-mesin tersebut diklaim irit bahan bakar dan ramah lingkungan berkat transmisi spesial.

Fitur inovatif adalah transmisi otomatis yang disebut Mercedes Powershift. Transmisi ini punya 16 percepatan, dimaksudkan agar per­pindahan gigi semakin rapat. Hal itu membuat putaran mesin tak akan drop terlalu rendah saat berpindah gigi dan menjaga torsi optimal demi efisiensi bahan bakar.

Transmisi ini menyediakan lima pilihan program, yaitu power mode, EcoRoll mode, maneuvering mode, rocking mode, dan fungsi practical supplementary yang meningkatkan handling kendaraan. Masing-masing mode mempunyai fungsi masing-masing untuk menyesuaikan dengan medan berat.

Seperti produk Mercedes-Benz lainnya, keamanan menjadi faktor penting. Pada Actros, tersedia prox­imity control assists yang menjaga jarak aman kendaraan, diadaptasi­kan dengan kecepatan berkendara. Fungsi itu ditambah dengan fitur stop and go yang mengontrol kend­araan ketika berada dalam kondisi macet. Lane Keeping Assits, Active Brake Assist , ABS, ASR, hingga sis­tem pengereman rumit yang canggih benar-benar melindungi kendaraan dari kecelakaan. (*)