Untitled-4BOGOR, Today – Pelaksa­naan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Univer­sitas Ibnu Khaldun (UIKA) Bogor, kelompok 65 dan 66 yang berlangsung se­jak Agustus lalu di Desa Tamansari, Kecamatan Ta­mansari, Kabupaten Bogor, dilepas dan ditutup Kepala Desa Tamansari, Kabupaten Bogor Gumilar Suteja pada Kamis (10/09/2015), kema­rin.

Para mahasiswa yang melakukan praktik lapangan di wilayah RW 01 dan RW 02 yang berfokus pada bidang pen­didikan dan kesehatan. “Atas nama war­ga, kami mengucapkan terima kasih atas bentuk pengabdian para mahasiswa dalam kegiatan KKN ini. Tentu kita ber­harap KKN membawa manfaat dan pe­rubahan bagi masyarakat,” ujar Kepala Desa yang dekat dipanggil Jaro Teja itu. Teja menambahkan, setelah telaksanan­ya kegiatan KKN tersebut, diharapkan seluruh warga dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari berbagai bentuk arahan yang telah di­berikan dari para peserta KKN Mahasiwa UIKA.

Teja juga memaparkan, banyaknya kegiatan yang bersentuhan dan membantu berbagai aktivitas masyara­kat, menjadi penanda penting­nya penerapan keilmuan yang di­peroleh mahasiswa bagi masyarakat. “Di masa mendatang, KKN menjadi bentuk yang sangat dibutuhkan ma­syarakat sebagai bentuk fasilitasi keil­muan,” tambahnya.

Pada kesempatan itu, mahasiswa melaporkan berbagai bentuk kegiatan yang sudah dilaksanakan di RW 01 dan RW 02 Desa Tamansari, diantaranya pelaksanaan senam pagi, pengobatan gratis dan penyuluhan koperasi serta perbantuan kegiatan mengajar di SMK Nurul Hidayah Bogor. Secara umum, tu­juan KKN yang dilakukan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dengan berperan aktif dalam mengem­bangkan produktivitas sumberdaya pem­bangunan sesuai dengan fasilitas yang dimiliki. “Kami merasa berterimakasih atas kerjasama dari masyarakat dan peran aktif mereka dalam berbagai keg­iatan yang kami lakukan. KKN merupak­an bentuk pengabdian kampus kepada masyarakat,” jelas Hasan, salah seorang Ketua Kelompok KKN mahasiwa UIKA Bogor.

(Rifky Setiadi)