Sony-Xperia-Z3-Phone-home-3Pabrikan Jepang ini masih mengusung desain berkarak­ter sama dengan produk Xperia lainnya. Kotak, seder­hana, terkesan kaku namun elegan. Jika dilihat sepintas, tak ada peru­bahan desain yang berarti sebagai pembeda Z3 Plus Dual dan penda­hulunya, Z3.

Ukurannya tetap sama 5,2 inci dan keempat sisiannya dibuat sedikit melengkung. Bagian depan dan punggung ponsel masih dilapisi material kaca. Sisi-sisi samping juga tetap dilindungi aluminium, layakn­ya jejeran seri Z lain.

Yang menjadi pembeda hanya le­tak slot dual SIM dan microSD, serta ada atau tidaknya pelindung port USB. Pada Z3 Plus Dual, slot SIM dan micro SD dipindahkan dari sisi kanan pada Z3, ke sisi kiri. Kali ini, Sony juga menanggalkan kebiasaan­nya melindungi port USB. Dengan dalih fleksibilitas, port USB Z3 Plus Dual dibiarkan terbuka.

Baca Juga :  Ditendang Suami Nasabah yang Menunggak Iuran Pinjaman Koperasi, Gigi Penagih Utang Copot

Pun begitu, pengguna tak perlu khawatir kalau-kalau air dan debu masuk ke saluran sambung itu. Sebab, Xperia Z3 Plus Dual memi­liki sertifikasi IP65 dan IP68 yang diklaim mampu menghadang air dan debu. Adapula lubang konek­tor audio 3,5 mm pada sisi atas yang enggan dilindungi kover. Sa­tu-satunya yang dipasang pelind­ung hanya slot dual SIM sekaligus microSD.

Sony tak signifikan membedakan lensa kamera utama pada Z3 Plus Dual dengan pendahulunya. Masih dengan kualitas 20,7 megapiksel, ISO 12800, aperture f 2.0 dan sensor 1/2.3 inci. Jika dibandingkan dengan kompetitornya, spesifikasi ini cukup memimpin di ranah smartphone high-end. Diketahui LG G4 mem­benamkan kamera 16 megapiksel. Sementara itu Samsung Galaxy S6 dan HTC M9 One masing-masing menggunakan lensa 20 megapiksel.

Baca Juga :  Seorang Pria asal Sumut Tewas Tersengat Listrik di Aceh Timur

Selama ini kredibilitas kamera Sony memang terbilang kredibel. Selain karena mereknya juga memi­liki lini produk kamera sendiri, sen­sor kamera Sony pun kerap diguna­kan beberapa vendor lain. Dengan kualitas yang mumpuni, ada satu kekurangan saat mengoperasikan kamera Sony untuk menjepret foto. Yakni waktu penguncian gambar yang relatif lambat. Butuh waktu sekitar 2 detik sejak menekan gam­bar hingga terkunci.

Oleh : Adilla Prasetyo Wibowo
[email protected]