Untitled-9Penjualan PT Astra Honda Motor (AHM) pada Agustus 2015 tumbuh 54 persen dibandingkan Juli 2015. Tingginya penjualan di bulan Agustus lebih disebabkan tidak optimalnya penjualan di bulan Juli akibat terpotong hari libur Lebaran. Berbarengan dengan bergairahnya penjualan, motor Honda juga berhasil mendapatkan predikat sebagai merek paling banyak dipilih dan direkomendasikan oleh masyarakat dalam Indonesia Wow Brand Award 2015.

Oleh : Apriyadi Hidayat
[email protected]

Mengacu data Asosiasi Indus­tri Sepeda Motor Indonesia (AISI) per Agustus 2015, penjualan sepeda motor Honda di Indonesia pada bulan Agus­tus mencapai 433.080 unit. Jumlah ini tumbuh 54,56% dibandingkan bulan Juli 2015 yang mencapai 364.660 unit.

Hanya saja, untuk periode Janu­ari-Agustus 2015, penjualan sepeda motor Honda memang turun. Pen­jualan Honda di periode tersebut men­capai 2.850.443 unit atau turun 14,69% dibandingkan periode Januari-Agustus 2014 yang mencapai 3.341.247 unit.

Direktur Pemasaran PT Astra Hon­da Motor, Margono Tanuwijaya, men­gatakan, bahwa pertumbuhan penjua­lan yang tinggi di bulan Agustus lalu bukan karena pameran GIIAS 2015 maupun IIMS 2015.

BACA JUGA :  Menu Makan Malam dengan Sup Tofu dan Jamur Bekuah Gurih

Melainkan hari kerja opera­sional dealer Honda dalam mel­akukan penjualan lebih banyak dibanding Juli yang banyak dipotong libur Lebaran. “Wa­lau kami tampil, tapi di GIIAS kami fokus menampilkan mo­tor besar. Target kami waktu itu memang bukan penjualan, tapi image brand sepeda mo­tor Honda,” kata Margono.

Margono sendiri enggan memaparkan target pertum­buhan penjualan sepeda mo­tor Honda di bulan Septem­ber ini. Ia hanya mengatakan PT AHM berharap penjualan mampu stabil dibandingkan bulan Agustus lalu. “Karena tidak ada faktor yang beru­bah sangat signifikan,” pung­kas Margono.

Sabet Penghargaan

Sepeda motor yang diproduksi PT Astra Honda Motor (AHM) berhasil men­dapatkan predikat sebagai merek paling banyak dipilih dan direkomendasikan oleh masyarakat. Indonesia Wow Brand Award 2015 menobat­kan sepeda motor Honda se­bagai peraih predikat Gold atau predikat tertinggi pada kategori sepeda motor. Peng­hargaan ini membuktikan bahwa sepeda motor yang diproduksi AHM semakin dipercaya masyrakat.

BACA JUGA :  Resep Membuat Sambal Teri Cabe Hijau, Sederhana Tapi Bikin Ketagihan

“Kami mengucapkan ter­ima kasih kepada konsumen atas kepercayaannya dan yang telah memberikan re­komendasi merek sepeda motor Honda kepada orang lain. Kami akan terus beru­saha menjaga kepercayaan ini melalui produk dan pe­layanan terbaik dari Honda untuk menemani konsumen meraih mimpi,” ujar GM Planning and Analysis Divi­sion AHM, A. Indraputra, be­lum lama ini.

Indonesia WOW Brand 2015, merupakan apresiasi atas pencapaian brand terhadap keberhasilannya meraih Brand Advocacy Ratio (BAR) yang dihasilkan melalui konversi awareness masyarakat terha­dap sebuah merek dan mem­buat mereka merekomendasi­kannya kepada orang lain.

Riset Indonesia WOW Brand 2015 ini diselenggara­kan oleh Markplus dengan melibatkan 1.350 responden dari 18 Kota, yaitu Jabodeta­bek, Banda Aceh, Medan, Pekanbaru, Palembang, Pa­dang, Bandung, Solo, Yogya­karta, Surabaya, Semarang, Balikpapan, Pontianak, Ban­jarmasin, Makassar, Manado, Denpasar, dan Jayapura.

(Apriyadi/KTN)

============================================================
============================================================
============================================================