ismet-ali-1

Ismet Ali
Master Coach Soft Skills

Tugas penting pemi­lik perusahaan adalah merek­rut manajer yang efektif. Manajer yang bisa memimpin karyawan dibawahn­ya mengerjakan tugas dan mengejar target pendapatan baik har­ian, mingguan dan bulan­an. Tanpa manager marketing efektif, maka masa depan perusa­haan terancam. Bahkan kebangk­rutan pasti akan datang.

Banyak pemilik perusahaan maunya hanya merekrut mana­jer yang patuh. Untuk menum­buhkan perusahaan, dibutuhkan manajer bukan hanya patuh teta­pi harus yang bersifat pemburu. Mereka harus bisa memberi solusi dan pelayanan bagi pelanggannya dan membawa pulang pendapa­tan ke perusahaannya.

Merekrut manajer efektif harus dilaku­kan sistematis dan sesuai dengan kondisi perusa­haan. Tujuannya untuk mendapat­kan manajer marketing yang memiliki jiwa (ny­ali) dan kompetensi berburu pendapatan bagi perusahaan. Ada 4 prinsip dalam merekrut manajer pemburu.

Baca Juga :  Imbas Harga Minyak Goreng Murah Minimarket, Pedagang di Pasar Tradisional Merugi

Pertama, Tentukan kesesuaian kompetensi calon manajer den­gan kebutuhan perusahaan. Kom­petensi merupakan gabungan kecerdasan intelektualitas, per­sonalitas, pengetahuan, kemam­puan dan sikap. Kompetensi ini harus teruji pada pekerjaan sebe­lumnya. Pastikan level kompeten­si calon manajer bisa diukur. Bila perlu gunakan konsultan SDM.

Kedua, Tentukan kesesuaian manajer dengan keadaan kary­awan. Data SDM menunjukkan 50 persen karyawan keluar-masuk (turn-over) disebabkan oleh kon­flik yang bersifat pribadi. Manajer baru harus mengekalkan bukan malah mendorong karyawan yang baik keluar dari perusahaan. Ke­cerdasan personalitas harus jadi faktor penentu, sehingga rekrut­men lebih cepat 45 persen dan mampu mengurangi turn-over 50 persen.

Baca Juga :  Imbas Harga Minyak Goreng Murah Minimarket, Pedagang di Pasar Tradisional Merugi

Ketiga, Kesesuaian dengan nilai-nilai perusahaan. Pemilik perusahaan, mempunyai hak dan tanggung jawab etis menanyakan detail. Apakah manajer baru ber­sesuaian dengan nilai dan etika perusahaan anda? Etika dan in­tegritas kerja perlu untuk menja­min manajer baru dapat mengiku­ti nilai-nilai dari perusahaan anda.

Keempat, Tandai manajemen bakat (Talent Management) lebih awal. Tetapkan program perco­baan dalam kompetensi tertentu selama satu tahun untuk meneliti kinerja nyata manajer tersebut. Ini penting untuk memastikan manajer marketing itu efektif, efisien dan otentik mampu meng­hasilkan pendapatan berkelanju­tan bagi perusahaan. (*)