marquez-back-to-winning-at-sachsenring-ahead-of-the-summer-break-photo-gallery_7Juara bertahan asal Honda, Marc Marquez berhasil finis terdepan pada balapan MotoGP San Marino 2015.

Oleh : IMAM BACHTIAR
[email protected]

Sedangkan andalan Yamaha, Valentino Rossi finis kelima dan Jorge Lorenzo gagal menuntaskan balapan karena jatuh.

Pada balapan yang dihelat di Sirkuit Misano, Minggu 13 September 2015 malam WIB, trio Lo­renzo, Marquez, dan Rossi terus berada di depan sejak awal. Pada lap ke-8, mereka bersamaan memasuki pitlane, untuk mengganti motor karena hujan.

Selanjutnya, ketiga pembalap itu tetap dominan dan tak terkejar para rival. Dan, memasuki lap 15, terjadi per­gantian posisi, lantaran Rossi menyalip Marquez. Bahkan, The Doctor kemudian memimpin di depan Lorenzo dan Marquez.

Pada lap 19, Marquez memutuskan masuk pitlane, karena lintasan mulai kering. Sedangkan Lorenzo dan Rossi memilih terus berada di lintasan. Sampai akhirnya, pada lap 21, Lorenzo masuk pit dan kemudian diikuti The Doctor.

BACA JUGA :  Jonatan Christie Juara Badminton Asia Championship 2024

Balapan pun berakhir bagi Lorenzo, yang terjatuh pada lap ke-22. Sedangkan Marquez membuktikan bahwa strategi timnya tepat, karena dia kemudian terus me­mimpin balapan. Sedangkan Rossi justru tak bisa beranjak dari posisi 5.

Dan, hingga melewati garis finis, Marquez tetap berada di depan, disusul pembalap Tech 3, Bradley Smith di po­sisi 2. Sedangkan posisi ketiga ditempati pembalap EG 0,0 Marc VDS, Scott Redding. Adapun Rossi mesti puas finis di urutan 5.

Marc Marquez mengatakan sebelumnya menyaksikan duel Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo untuk membuat perhitungan mengganti ban yang membawanya ke podi­um tertinggi.

Dalam seri balap ke-13 yang digelar di Sirkuit Misano, strategi pergantian ban memang jadi faktor utama keber­hasilan para pembalap. Cuaca yang kerap berubah mem­buat para joki mesti tepat mengambil keputusan untuk mengganti ban motornya.

Marquez pun membuktikan dirinya jadi pembalap terbaik yang menerapkan strategi tersebut. Ketika dua pesaingnya Rossi dan Lorenzo belum mau mengganti ban akibat bersaing sengit, pembalap berusia 22 tahun itu jus­tru tak berpikir panjang mengganti bannya.

BACA JUGA :  Timnas Indonesia Akui Keunggulan Qatar di Piala Asia U-23 2024

“Saya berada di belakang dua pembalap Yamaha dan coba mendekat untuk melihat bagaimana kondisi ban mereka. Saya melihat ban mereka banyak terkikis dan saat itu saya berpikir: Oke, ini waktunya mengganti ban,” ung­kap Si Bayi Alien di laman resmi balapan.

“Ketika saya mengubah ban, lintasan jadi kering se­hingga terlihat baru dan sulit melihat di mana trek yang ba­sah. Tapi secara keseluruhan, sangat bagus bisa mendapat podium lagi. Targetnya adalah merebut kemenangan, jadi saat ini kami sangat senang,” pungkasnya.

Hasil ini membuat perolehan poin Marquez jadi 189 poin. Posisinya di tabel klasemen pembalap masih terting­gal dari Rossi dan Lorenzo yang berada di atasnya.

(Imam/net)

============================================================
============================================================
============================================================