foto-persib-bandung-vs-persebaya-united-piala-presiden-2015-SUPARDI-CEDERA-SIM_7634BANDUNG, Today – Sebanyak delapan pemain PERSIB harus mendapat per­awatan intensif setelah melalui fase grup Piala Presiden 2015.

Mereka adalah Muhammad Ridwan, Supardi Natsir, Atep, Taufiq, Ilija Spaso­jevic, Dias Angga, Zulham Zamrun, dan Dedi Kusnandar.

Dokter tim PERSIB, M Rafi Ghani mengatakan hasil observasi yang telah dilakukan sementara ini, hasilnya menunjukan jika cedera yang dialami pemain masuk kategori ringan. Hal itu pun tidak terlalu membuatnya khawat­ir.

Diakui Rafi, salah satu pemicu ban­yaknya pemain yang cedera adalah mepetnya persiapan yang dilakukan tim, ditambah padatnya jadwal turna­men Piala Presiden 2015. Setiap tim hanya memiliki waktu tiga hari menuju pertandingan.

Baca Juga :  PWI Kota Bogor Berangkatkan 10 Wartawan Dalam Seleksi Porwanas Tingkat Jabar

“Ya, memang saat main kemarin ada beberapa yang cedera. Taufiq eng­kel kaki kanannya bermasalah, Zulham (Zamrun) otot hamstring kirinya agak tegang. Dias (Angga Putra) hanya kele­lahan. Saat diistirahatkan tidak apa-apa. Kalau Atep, memang staminanya belum full,” kata Rafi.

Selain delapan pemain itu, Rafi men­gatakan kondisi pemain prima. Bahkan, beberapa pemain yang sempat cedera pun sudah jauh membaik, termasuk Dedi Kusnandar yang mengalami retak tulang kakinya.

Baca Juga :  Sentul Sirkuit Kembali Gelar Ajang Balap Vespa

Dedi diprediksi membutuhkan wak­tu dua sampai tiga minggu untuk dapat tampil lagi.

“Rencana nanti delapan besar akan saya siapkan vitamin, karena sekarang musim panas. Jadi kerja otot pemain cu­kup maksimal,” imbuhnya.

Banyak faktor yang menyebabkan kondisi pemain cepat menurun dan ti­dak stabil. Suplemen ini juga digunakan saat di ISL (Indonesia Super League) lalu. Jadi salah satu upaya untuk men­jaga cedera.

(Imam/net)