Untitled-7BANDUNG, Today – Piala Presiden ternyata menjadi barometer kebangki­tan olahraga sepakbola Indonesia. Bah­kan, turnamen berikutnya harus menja­dikan Piala Presiden sebagai role-model pertandingan yang baik dan transparan.

“Turnamen ini sangat bagus sekali. Ka­lau PSSI mau mengadakan turnamen, ha­rus mencontoh Piala Presiden ini,” kata Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar.

Umuh menilai penyelenggara juga komitmen dengan apa yang sudah di­janjikan, termasuk dengan masalah pendanaan.

Maka tak heran bila semua klub menghormati serta mengikuti aturan yang berlaku. Lebih dari itu, pertand­ingan bisa berjalan dengan sportif dan jauh dari kesan-kesan negatif selama ini.

“Semua disiplin, saling menghormati dan bertindak secara profesional. Wasit dan pemain juga jadi disiplin. Ini luar biasa bagus,” ungkap Umuh.

Selain kepada penyelenggara, Umuh juga mengaku bangga dan gembira se­bab turnamen ini memiliki Ketua SC model Maruarar Sirait.

Baca Juga :  Tingkatkan Pelayanan, Perumda PPJ Kota Bogor Berencana Buka Pasar di Tanah Baru 

Maruarar benar-benar komunikatif, dialogis, dan selalu bertanya langsung untuk mengawasi komitmen yang telah dijanjikan penyelenggara kepada klub.

“Saya berdialog dengan Bapak Maru­arar. Ditanya komitmen penyelenggara benar tidak dijalankan. Ditanya, apakah ada persoalan dan lain-lain tidak. Beliau sangat perhatian sekali. Ini benar-benar Ketua SC yang sangat luar biasa ya. Kita benar-benar diperhatikan. Sepakbola kita bisa maju bila banyak seperti be­liau,” tegas Umuh.

Apresiasi sama disampaikan Direktur Klub PSM Makassar, Sumirlan. Sumirlan merasa bangga dan gembira dengan Piala Presiden ini.

Turnamen ini berhasil digelar dengan transparan, fair-play, dan dengan kuali­tas wasit yang sangat bagus serta berani.

Wasit misalnya berani memberi dua kali kartu merah pada pemain yang ber­main di kandang, dan tidak membuat supporter marah karena memang berja­lan dengan jujur dan sportif.

Baca Juga :  Arie Keriting Kabarkan Istrinya Hamil Anak Pertama

“Ibarat kita kehausan, Piala Presiden ini menjadi air yang mengakhiri dahaga kita. Turnamen ini sangat bagus sekali. Benar-benar sportif. Semoga kita semua bisa menjaga nama baik Presiden den­gan pertandingan ini. Jangan bikin malu dunia olahraga,” tegas Sumirlan.

Sumirlan pun memuji kinerja Ketua SC Maruarar Sirait, yang bekerja dengan profesional dan penuh perhatian. Maru­arar selalu menanyakan perkembangan dan nasib klub, dan selalu menjaga ko­munikasi dengan baik.

Dihubungi terpisah, Ketua SC Piala Presiden, Maruarar Sirait, memastikan turnamen ini berjalan dengan transpar­an sebagaimana permintaan Presiden Joko Widodo. Pertandingan berjalan fair-paly, dan tidak ada permainan skor sama sekali.

(Imam/net)