Event Festival Tegar Beriman 2015 yang dilak­sanakan UPT Radio dan TV Tegar Beriman, Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Bogor sejak tanggal 29 Mei – 29 Agustus 2015, diikuti oleh 555 peserta dari berbagai usia dan profesi bahkan untuk pertama kalinya 5 kegiatan besar disatukan dalam satu rangkaian Festival Tegar Beriman tahun ini yang mengusung tema Kabupaten Bogor Termaju di Indonesia dan memperebutkan 5 Pia­la Tetap Bupati Bogor Nurhayanti.

Literasi Media

Kegiatan Literasi Media pada Festival Tegar Beri­man Tahun 2015 dimaksudkan untuk mengajak kha­layak dan pengguna media masa menganalis pesan yang disampaikan oleh Media Masa, termasuk mengajak ma­syarakat peduli terhadap dampak buruk dari media.

Literasi Media yang diselenggarakan di Aula Di­nas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Bogor, oleh UPT Radio dan TV Tegar Beriman ini diselenggarakan selama 1 hari pada tanggal 29 Mei 2015 dengan Topik Film, Sensor dan Klarifikasi, topik ini penting mengin­gat film merupakan medium Komunikasi yang aktraktif, populer sekaligus mengkhawatirkan.

Kemampuannya untuk menampilkan realita dalam bentuk audio visual yang mudah dimengerti, menjadikan film sebuah media yang mampu mempen­garuhi penontonnya baik kearah positif maupun nega­tif karena film dinilai dapat menyampaikan gagasan, ide serta nilai nilai sosial secara utuh dan termasuk salah satu medium transmisi budaya yang kuat.

Karateristik seperti inilah yang mendorong UPT Radio dan TV Tegar Beriman Dinas Komunikasi dan In­formasi Kabupaten Bogor, pada Festival Tegar Beriman Tahun 2015 mengadakan literasi media dan memasti­kan film layak ditonton tapi juga aman untuk publik.

Kegiatan ini menghadirkan Narasumber Nasional, Sutradara dan Seniman Ratna Sarumpaet, Atang Supri­atna dan Teleconfrence dengan Victor Joseph Jurnalis Senior pada salah satu radio di Netherland Belanda. Kegiatan ini menarik perhatian karena di hadiri oleh 90 peserta yang datang dari berbagai komunitas film dan pelajar di Bogor, pencinta seni yang ada di Kabupaten dan Kota Bogor, Media dan DPD KNPI Kabupaten dan Kota Bogor.

Presenter Cilik

Kegiatan Lomba Presenter Cilik pada Festival Tegar Beriman 2015 mendapat respon sangat baik dari berbagai Sekolah Dasar dan Taman Kanak-Kanak yang ada di wilayah Kabupaten Bogor. Lomba Presenter Cilik yang diselenggarakan dimaksudkan untuk memperke­nalkan anak-anak dengan Media Televisi dan Radio dis­amping dapat secara langsung mengeksplorasi aktivitas Jurnalistik.

Kegiatan ini dilangsungkan sejak tanggal 12-18 Agus­tus 2015, dan diikuti oleh 97 Pelajar TK dan SD.

Acara yang berlangsung di tiga tempat berbeda ini dirangkai dalam 3 tahapan, Tahapan Audisi yang berlangsung di Studio TV Tegar Beriman, Tahapan Workshop di Aula TK Orange dan Tahapan Grandfinal di Gedung Serbaguna 2 Sekretariat Kabupaten Bogor .

Baca Juga :  Dikelilingi  Perusahaan Raksasa, Warga Parungpanjang Menderita

Yang menarik pada lomba Presenter Cilik tahun ini jurinya adalah para dosen yang didatangkan dari Univer­sitas Negeri Jakarta, Para Presenter Radio dan TV Tegar Beriman dan Kepala Bidang Komunikasi Informasi Pub­lik Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Bogor .

Presenter Cilik pada Festival Tegar Beriman, UPT Radio dan TV Tegar Beriman Dinas Komunikasi dan In­formasi Kabupaten Bogor Tahun 2015 turut melahirkan para presenter cilik yang berbakat lewat rangkaian ke­giatan yang cukup ketat dan memilih 12 besar, masing-masing dari TK dan SD.

Short Movie

Lomba film Pendek Tingkat Pelajar, Mahasiswa dan Umum juga turut mewarnai kegiatan Festival Tegar Beriman tahun 2015. Lomba film pendek yang mema­suki Tahun Kedua ini mengusung tema mengangkat po­tensi Budaya Lokal (Kearifan Lokal).

Kegiatan ini bertujuan untuk memberi ruang kreatif terhadap generasi muda di Kabupaten Bogor mengenai kearifan local dengan media film. Cakupan Tema Ke­arifan Lokal dipilih untuk mengangkat potensi Budaya Lokal yang tumbuh dan berkembang di wilayah Kabu­paten Bogor agar semakin dikenal.

Termasuk menjadi sebuah kekuatan serta daya tarik tersendiri bagi keragaman budaya yang ada di Jawa Barat, adat istiadat dan perilaku sosial.

20 judul film pendek di perlombakan dalam Fes­tival Tegar Beriman 2015 ini yang diikuti oleh kurang lebih 100 orang Crew, Talent dan Sutradara muda di Ka­bupaten Bogor. Juri pada Lomba fim pendek ini adalah orang orang yang professional di bidang film.

Fashion Show Daur Ulang

foto-1UPT Radio dan TV Tegar Beriman Dinas Komuni­kasi dan Informasi Kabupaten Bogor Pada Festival Tegar Beriman 2015, juga ingin menyampaikan pesan kepada masyarakat tentang betapa pentingnya sampah jika di manfaatkan dan dikelola dengan maksimal yang di tam­bah dengan kreativitas.

Tahun ini Lomba Fashion Show Daur Ulang diikuti oleh berbagai lapisan masyarakat dari semua kalangan usia termasuk anak-anak. Hal ini di maksudkan agar anak- anak usia dinipun dapat diajarkan untuk mencin­tai lingkungan dan menjaga kebersihan termasuk men­getahui manfaat dari sampah mulai dari nilai ekonomis hingga kerajinan tangan.

Lomba yang diikuti oleh 48 peserta melalui 3 taha­pan, tahapan audisi pada tanggal 8 Agustus, tahapan ke­las Beauty pada tanggal 14 Agustus dan Grandfinal pada tanggal 29 Agustus 2015.

Fashion Show Daur Ulang menghadirkan juri, Ket­ua IWAPI Kabupaten Bogor Hj. Ratu Nailamuna, Kepala Bidang Teknologi Informasi Dra. Hj. Ernaningsih, M.Si dari Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Bogor, Tieke Rahmawati dari Badan Lingkungan Hidup Kabu­paten Bogor .

Bogor Mencari Bintang

Untuk pertama kalinya kegiatan Bogor Mencari Bintang di gelar di Kabupaten Bogor, Kegiatan yang di motori oleh UPT Radio dan TV Tegar Beriman Dinas Ko­munikasi dan Informasi Kabupaten Bogor pada Festival Tegar Beriman 2015 ini mendapat respon yang sangat baik dari lapisan masyarakat di Kabupaten Bogor.

Baca Juga :  Terjerat Kasus Pencabulan, Ini Modus Oknum Guru Ngaji di Bogor

Para Peserta yang mengikuti kegiatan ini bahkan datang dari berbagai lapisan umur, profesi hingga TNI dan Polri. Kegiatan Bogor Mencari Bintang merupakan kejutan bagi penyelenggara, karena kuota peserta me­lebihi target yang telah ditentukan yakni diikuti oleh 200 Peserta dengan berbagai bakat dan kreativitas an­tara lain, Menyanyi, Menari, Musik Arumba, Marawis, Solo Drum, Solo Gitar, Beatbox, Acting, Stand Up Com­edy hingga Hipnotis.

Bogor Mencari Bintang menjadi ajang untuk me­nyuguhkan kreativitas, mengenalkan potensi sumber daya manusia masyarakat di Kabupaten Bogor yang kre­atif dan inovatif lewat kemampuan bakat yang dimiliki. Acara ini disiarkan langsung oleh Radio dan TV Tegar Beriman selama masa audisi yang berlangsung 2 hari .

Pendaftaran Bogor Mencari Bintang dimulai pada tanggal 8 Juni – 2 Agustus 2015 dilanjutkan dengan Masa Audisi pada 19 dan 20 Agustus 2015 bertempat di Studio TV Tegar Beriman dan Grandfinal pada 29 Agustus 2015 yang sekaligus merupakan Puncak Festival Tegar Beri­man 2015 diselenggarakan di Gedung Tegar Beriman Kabupaten Bogor.

Tercatat ada 8 orang juri yang memberikan pe­nilaiannya pada kegiatan ini, masing masing juri audisi 4 orang (Mey Cresentya, Ning Noor, Miko Irianto dan Mif­tah) dan juri Grandfinal 4 Orang (Kepala Badan Perenca­naan Pembangunan Daerah Kabupaten Bogor Dr. Ir. Hj. Syarifah Sopiah, M.Si, Ketua Paguyuban Mojang Jajaka Euis Hidayat, Artis Ivan Fadillah dan Dosen Universitas Pakuan Drs Atang Supriatna).

Puncak kegiatan Festival Tegar Beriman 2015 seka­ligus malam Grandfinal Bogor Mencari Bintang berlang­sung meriah dan langsung di hadiri Oleh Bupati Bogor Nurhayanti, Ketua DPRD Kabupaten Bogor Ade Rohandi dan sejumlah Pimpinan DPRD lainnya, KAPOLRES, un­sur MUSPIDA lainnya, Para Pimpinan SKPD dan para Camat.

Bupati Bogor Nurhayanti dalam kesempatan terse­but “menyampaikan apresiasinya yang luar biasa atas event tahunan Festival Tegar Beriman tahun ini dan berharap kedepannya seluruh Kecamatan di Kabupaten Bogor dapat berpartisipasi aktif untuk mengikuti ajang ini sambil terus memberikan semangat untuk gen­erasi muda di Kabupaten Bogor agar terus berprestasi dan ikut menghantarkan Kabupaten Bogor Termaju di Indonesia” sesuai Visi yang diusung Group Marawis Asmaul Husna dari Bojonggede, akhirnya terpilih seb­agai pemenang pada Bogor Mencari Bintang Tahun ini, Juara II Moca Voice dan Specch dari SMA Negeri 3 Cibi­nong Menempati urutan ke 3.(ADV)