2.bildTingginya margin dan masih besarnya peluang bisnis bank di Indonesia membuat investor luar negeri terus mengalir masuk

Oleh : Adilla Prasetyo
[email protected]

Yang terbaru, bank sya­riah terbesar Timur Tengah yaitu Emirates NBD menyatakan mi­natnya untuk membuka bank di Indonesia.

Direktur Penelitian, Pengembangan, Pengaturan, dan Perizinan Perbankan Sya­riah Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Dhani Gunawan Idat mengatakan, Emirates NBD tidak akan melakukan akuisisi bank lokal, melainkan mem­bentuk bank baru “Emirates NBD sudah serius membuka bank di sini,” ujar Dhani.

Baca Juga :  Kecelakaan Maut, Seorang Pria di Meranti Tewas

Menurutnya, jika persyara­tan untuk mendirikan sebuah bank syariah ini sudah dileng­kapi sebelum tahun depan, maka bank timur tengah itu sudah bisa masuk ke Indone­sia pada tahun 2016. “Kalau mereka cepat masukin ya bisa diproses. Tapi tergantung ka­lau pengurusnya enggak bagus, ya bisa saya tolak,” ujar Dhani.

Emirates NBD dikabarkan sudah berkomitmen akan mel­akukan investasi awal sebesar Rp 1 triliun sesuai dengan atu­ran OJK.

Baca Juga :  Satu Orang Tewas Akibat Kebakaran di Pulo Gadung

Berdasarkan situs Emir­ates NBD, bank ini merupakan penggabungan bank terbesar kedua dan keempat di Uni Emirat Arab (UEA) yaitu Emir­ates Bank Internasional (EBI) dan National Bank of Dubai (NBD).

Menurut laporan keuangan terakhir Emirates NBD, ter­catat total aset bank ini adalah sebesar US$ 105,6 miliar. Bank ini tercatat mempunyai lebih dari 220 cabang dan lebih dari 900 ATM dan cash deposit ma­chines (CDM) yang tersebar di seluruh negeri dan luar negeri.