Untitled-4Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia Nila F Moeloek meresmikan pabrik benang bedah nasional dengan teknologi tinggi pertama di Indonesia, yaitu PT Triton Manufactures, di kawasan Industri Sentul, Kabupaten Bogor.

Oleh : LATIFA FITRIA
[email protected]

Nila sangat me­nyambut baik peresmian peru­sahaan, karena akan ikut mendu­kung pembangunan kesehat­an di Indonesia serta dapat bermanfaat untuk mening­katan kesehatan masyarakat, dan juga peran pengemban­gan industri alat kesehatan dalam negeri di masa yang akan datang sebagai upaya mendukung kemandirian alat kesehatan.

Saat ini, kata Nila, Indo­nesia masih sangat bergan­tung pada penggunaan alat kesehatan dari luar negeri, di­mana produk alat kesehatan di luar negeri yang beredar di Indonesia hampir 80 persen, sedangkan produk alat kes­ehatan dalam negeri hanya berkisar 20 persen. Maka, Nila mendorong masyarakat industri untuk meningkatan produk alat kesehatan dalam negeri agar dapat bersaing di skala nasional dan global.

“Dengan beroperasinya pabrik alat kesehatan ini yang memproduksi benang be­dah, surgical mesh dan skin marker akan mendorong tum­buhnya pabrik alat kesehatan yang lainnya sehingga Indo­nesia tidak bergantung lagi dengan produk alat kesehatan luar negeri, dan kedepan ke­butuhan alat kesehatan untuk memenuhi pelayanan kes­ehatan secara bertahap dapat terpenuhi,” tuturnya.

Baca Juga :  Mengenal Minyak Hati Hiu dan Sedereta Manfaatnya

Ia pun menambahkan saat industri alat kesehatan berkembang sangat baik di­mana data yang ada di Ke­mentrian Kesehatan menun­jukkan bahwa ekspor dari Industri alat kesehatan pada tahun 2014 mencapai 750 dollar, dengan perumbuhan 10 persen per tahun. Hubun­gan perdagangan Indone­sia dengan Uni Emirat Arab (UEA) meningkat sebesar 31,79 persen selama periode januari-oktober sebesar 3,57 miliar US dolar di banding periode yang sama tahun sebelumnya,hal ini menun­jukkan bahwa alat kesehatan produksi Indonesia dapat diterima di luar negeri.

“Dimasa depan perlu dit­ingkatkan pengembangan dan riset untuk dapat di hasil­kan produk alat kesehatan inovasi yang memiliki daya saing berskala nasional dan Internasional.”Tambahnya

Baca Juga :  5 Bahaya Buah Lemon Untuk Perawatan Kulit Wajah

Sementara itu,Bupati Ka­bupaten Bogor, Nurhayanti mengatakan peran serta Tri­ton Manufactures dalam pem­bangunan nasional, baik me­lalui pengadaan benang bedah dan alat-alat kesehatan, mau­pun melalui pengingkatan in­vestasi serta penyerapan tena­ga kerja di Kabupaten Bogor. “Saya sangat mengapreasi keberadaan PT Triton karena dapat mengembangkan usaha di bidang produksi benang bedan dan alat-alat kesehatan habis pakai lain yang tentu­nya sangat bermanfaat bagi masyarakat.”ungkapnya.

Ia pun menambahkan sejalan dengan fokus pem­bangunan daerah yang ke­berhasilannya antara lain diindikasikan oleh akselerasi pencapaian IPM, pemban­gunan bidang kesehatan menjadi salah satu prioritas program yang penting dalam pencapaian visi Kabupaten Bogor yang tercemin dari misi meningkatkan aksesibilitas dan kualitas penyelenggaraan pelayanan kesehatan.

“Di tingkat implementasi, misi tersebut dijabarkan an­tara lain melalui penyeleng­garaan layanan kesehatan di puskesmas dan jaringan­nya serta layananan medis di rumah sakit pemerintahan dan swasta yang meliputi pelayan­an kesehatan dasar,pelayanan kebidanan dan persalinan ser­ta pelayanan gawat darurat,” ujarnya. (*)