HLBOGOR, Today – Kejuaraan Dunia Catur Malaysia Open dige­lar mulai 18-27 September 2015. Ajang tersebut sekaligus men­jadi ajang perebutan gelar Grand Master Internasional (MI).

Pengurus Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Bogor, Endar Sakti Lubis mengatakan bahwa se­lain dirinya, ada satu pecatur asal Kabupaten Bogor yang turut ambil bagian pada Ke­juaraan Dunia tersebut. Peca­tur tersebut adalah Arif Abdul Hafiz.

Dalam kejuaraan ini, kedua atlet catur andalan Kabupaten Bogor akan bermain di dua nomor yaitu beregu, dan per­orangan. Turnamen ini akan diikuti berbagai negera seperti, Malaysia, Indonesia, Amerika, dan negara-negra lain di Eropa.

Baca Juga :  KORMI Kota Bogor Raih 9 Juara di 5 Inorga pada Pembukaan FORPROV ke 4 Tahun 2022

Dikatakan pria yang juga bertindak sebagai pelatih na­sional catur tersebut, keikut­sertaan Arif dalam turnamen tersebut selain untuk mem­perbaiki peringkat, juga un­tuk mencari gelar MI. “Untuk mendapatkan gelar itu, Arif harus mengikuti sejumlah turneman di level internasi­onal. Awalnya, Percasi hanya mengirimkan Arif, mengingat prestasinya yang sangat gemi­lang. Namun, KONI Kabupat­en Bogor meminta saya juga mengikuti kejuaraan tingkat dunia tersebut,” ujarnya.

Menyinggung keikutser­taan para pecatur Bumi Tegar Beriman pada PON XIX/2016 mendatang, Endar menutur­kan, selain pecatur putra, Ka­bupaten Bogor telah memas­tikan jika MI Irene Kharisma Sukandar, dan MN Diajaeng Theresa Singgih dipastikan akan memperkuat kontingen Jawa Barat.

Baca Juga :  KORMI Kota Bogor Raih 9 Juara di 5 Inorga pada Pembukaan FORPROV ke 4 Tahun 2022

“Keduanya sudah di­matangkan, bahkan keduanya sudah masuk pelatda. Semen­tara untuk Arif sendiri masih akan terus mengikuti tahapan seleksi, sebelum nantinya di­tentukan lolos tidaknya ke PON Jabar,” tuturnya.

Endar berharap, apa yang menjadi target Arif bisa ter­capai pada kejuaraan Malay­sia open, serta bagi para atlet yang akan memperkuat Jabar nantinya bisa berjuang secara maksimal. “Saya meminta doa restu agar Arif bisa mendapat­kan apa yang menjadi target­nya di kejuaraan dunia Malasy­sia open,” pungkasnya.

(Adilla Prasetyo Wibowo)