kakianWarga Muhamadiyah di Indonesia, menggelar salat Idul Adha, Rabu (23/9/2015), hari ini. Namun, pemotongan hewan kurban baru dilakukan pada Kamis (24/9/2015). Seperti apa persiapannya?

(Guntur Eko|Yuska Apitya)

“KITA punya kurang lebih ratu­san ribu jamaah dengan sekitar 50-60 titik pelaksanaan salat Idul Adha berjamaah pagi hari Rabu 23 September. Di setiap perguruan Muhamadiyah, itu menyelenggarakan salat Idul Adha,” kata Agus Suradika, Ketua Pimpinan Wilayah Mu­hamadiyah DKI Jakarta, Selasa (22/9/2015).

Menurut pria yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI itu, untuk pemo­tongan hewan tetap dilaku­kan pada Kamis (24/9/2015).

“Untuk pemotongan hewan kurban, kita tunda hari Kamis. Karena hari Rabu itu kan bu­kan libur nasional, terkecuali sekolah-sekolah yang sudah memprogramkan itu selama tidak menggangu proses pemb­elajaran,’’ katanya.

Ada beberapa sekolah yang gabung dengan masjid, karena Muhamadiyah itu kan biasanya ada sekolah dan masjid. ‘’Tapi sangat disarankan, sangat dian­jurkan untuk memotong sapi atau hewan Qurban lainnya hari Kamis saja, supaya syiarnya bareng-bareng semua,” jelasnya.

Baca Juga :  Menyamar Sebagai Pembeli, Dua Pengedar Sabu Lintas Provinsi Diringkus

Sementara, Agus sendiri, akan melaksanakan salat Idul Adha di Ciputat, tangerang Selatan. Dia akan melakukan pemotongan hewan kurban di kediamannya, Gadog, Kabu­paten Bogor. “Saya nanti salat di Kampus Muhammadiyah Ja­karta di Ciputat, kebetulan saya diminta khutbah di sana. Kur­bannya hari Kamis di rumah saya di Bogor, Gadog,” katanya.

Salah satu pengurus Mu­hamadiyah Kota Bogor, Ab­durahmat Saleh, mengatakan, seluruh persiapan solat Idul Adha, rampung. “Sudah sekitar 95 persen dari persiapan yang direncanakan dari mulai izin kepolisian dan izin tempat su­dah kami persiapkan jauh jauh hari,” ungkap pria yang akrab dipanggil Rahmat itu.

Rahmat menceritakan, yang akan jadi Imam pada sho­lat Idul Adha di Lapangan Sem­pur Kota Bogor adalah Pimpi­nan Muhamadiyah Kota Bogor. “Ya, selaku imam itu Prof. Dr. Didin S Buchori, ketua Muham­adiyah Kota Bogor,” tuturnya.

Baca Juga :  Mengaku Sebagai Anggota Polisi, Pria di Bogor Diamankan

Menurut Rahmat, banyak yang mengikuti Sholat Idul Adha yang akan digelar di Lapangan Sempur tersebut. “Seluruh warga Muhamadiyah di Bogor akan mengikuti. Se­lain itu banyak sekolah-sekolah yang juga mengikuti sholat di Sempur nanti,” ungkapnya.

Pelaksanaan Sholat Ied, lanjut Rahmat, akan dimulai dari pukul 06:30 WIB dan di­lanjutkan pemotongan hewan kurban. “Kami mulai pukul 07:00 WIB untuk sholatnya ter­us dilanjutkan dengan motong hewan kurban, kalau untuk saat ini baru lima ekor kambing dan enam ekor sapi sepertinya akan bertambah,” bebernya.

Rahmat juga menjelaskan pembagian kurban akan di­berikan kepada empat lapisan masyarakat. “Yang pertama kita akan berikan kepada yang punya hak, kepada panti asu­han Putra Darusollihat dan Putri Darusolihin, tetangga lingkungan sekitar dan ke cabang-cabang dan juga rant­ing yang ada,” ujarnya.