Untitled-8

PT XL Axiata Tbk (XL) menjadi operator per­tama yang menyediakan layanan 4G LTE (long term evalution) secara komersial pada frekuensi 1800 MHz di Sura­baya dan Denpasar. Penyediaan layanan 4G LTE secara komersial di kedua kota tersebut, resmi dimulai pada 22 September 2015, setelah sebelumnya di bulan Juli 2015 layanan ini XL hadirkan di Lombok dan selanjutnya segera menyusul di Bandung dan Jakarta hingga akhir tahun ini.

Acara peresmian ditandai den­gan pemasangan kartu 4G pada smartphone milik pelanggan oleh Yessie D. Yosetya, Chief Service Management Officer dan Desy Sari Dewi, VP XL East Region di XL Center Pemuda, Surabaya serta di saat yang sama juga dilakukan oleh Nicanor V. Santiago III, Chief Brand & Customer Experience Of­ficer dan Dodyk Supriyono, GM Sales, di XL Center Sunset Road, Denpasar, Bali.

Presiden Direktur XL, Dian Siswarini mengatakan, pada Se­lasa, 22 September 2015, seluruh proses penataan ulang frekwensi 1800 MHz di wilayah Jawa bagian timur dan Bali telah selesai di­lakukan termasuk perijinan dari pemerintah, sehingga kami pun tidak ingin menunggu lebih lama lagi untuk dapat menyediakan layanan 4G LTE secara komer­sial pada frekuensi 1800 MHz di Surabaya dan Denpasar, karena pelanggan XL di kedua kota terse­but sudah sangat menginginkan hadirnya layanan internet super cepat ini. Dengan demikian, man­faat besar layanan 4G LTE bisa segera pelanggan dapatkan.

Baca Juga :  Imbas Harga Minyak Goreng Murah Minimarket, Pedagang di Pasar Tradisional Merugi

“Pada tahap awal ini, layanan 4G LTE di Surabaya telah bisa dinikmati di area Gubeng, Man­yar, Pakuwon, Margorejo, Tam­baksari, Wiyung, Kenjeran, Ma­nukan Kulon hingga Sidoarjo dan Rungkut. Lebih dari 200 BTS 4G mendukung layanan ini. Semen­tara itu, untuk Denpasar, pelang­gan XL bisa menikmati layanan 4G LTE di area Kuta, Denpasar, Seminyak, Ubud, Bedugul, Sanur hingga ke Nusa Dua yang untuk sementara didukung oleh lebih dari 250 BTS 4G. Secara bertahap, XL akan segera memperluas lay­anan 4G LTE di kedua kota besar tersebut dengan terus menambah infrastruktur pendukungnya,” be­bernya.

Dian menegaskan, XL sudah menyiapkan semua keperluan menuju komersialisasi 4G LTE ini. Baik dari sisi jaringan mau­pun ekosistem penunjang, sudah siap. Dengan demikian, pelang­gan tak perlu menunggu lama lagi bisa menggunakan layanan 4G LTE di kota-kota yang siap secara infrastruktur dan regu­lasi. Saat ini, baik di Surabaya maupun Denpasar, pelanggan dengan mudah bisa menda­patkan paket bundling lay­anan 4G XL dengan ponsel pintar berbagai tipe baik low end ataupun high end termas­uk pula dengan cicilan harga yang terjangkau dan bervari­asi.

Begitu juga, sejak awal 2015 lalu XL telah menyelenggara­kan program-program yang memudahkan pelanggan untuk beralih ke layanan 4G. Antara lain berupa program penu­karan kartu SIM lama ke kartu SIM 4G, secara gratis. Secara simultan, XL juga menyeleng­garakan berbagai program kemudahan lain, seperti pro­gram Tabungan Kuota 4G. Pro­gram ini menawarkan manfaat berupa tabungan kuota data 4G yang bisa dipakai saat layanan 4G tersedia. Untuk mendapat­kannya sangat mudah, yaitu hanya dengan melakukan pem­beliaan Paket Hotrod 4G, pel­anggan akan memperoleh bo­nus kuota 4G secara langsung dan jika tidak digunakan, kuota ini dapat diakumulasi ke bulan berikutnya.

Baca Juga :  Imbas Harga Minyak Goreng Murah Minimarket, Pedagang di Pasar Tradisional Merugi

Dari sisi keunggulan teknologi dan infrastruktur, XL telah menunjukkan kemamp­uan layanan 4G LTE miliknya. XL menunjukkannya melalui demonstrasi “Extreme HD 360° Video”, yang bertujuan men­unjukkan kualitas layanan 4G LTE dari XL. Dengan kemam­puan layanan 4G LTE bisa un­tuk membuat dan menayang­kan Video 360° dalam kualitas prima, berarti layanan inter­net super cepat XL juga akan cukup baik untuk mendukung layanan berformat video, serta berbagai layanan inovatif dan bermanfaat lainnya.

Melalui demo “Extreme HD 360° Video”, masyarakat bisa menyaksikan tampilan video dengan cara yang tidak biasa. Sudut pandang video bisa mencakup 360°, tidak seperti layaknya video yang biasa ada. Gambar dan suara video juga mulus, tidak terputus atau patah-patah. Semua itu bisa terjadi karena video dibuat dan ditayangkan dengan layanan internet super cepat 4G LTE.

(Apriyadi Hidayat)