GettyImages-489296918.0AS Roma harus menelan kekala­han 1-2 saat bertandang ke markas Sampdoria. Gol bunuh diri Kostas Manolas membuat Giallorossi kehilangan poin.

Oleh : ADILLA PRASETYO WIBOWO
[email protected]

Bertandang ke Luigi Ferraris, Kamis (24/9/2015) dinihari WIB, Roma tampil menekan dengan penguasaan bola mencapai 66%. Mereka punya 24 per­cobaan dengan delapan mengarah ke gawang, sedangkan tuan rumah cuma punya enam upa­ya dan tiga tepat sasaran.

Meski dominan, Roma tertinggal lebih da­hulu di menit ke-50 melalui tendangan bebas Eder. Roma lalu membalas di menit ke-69 lewat sepakan Mohamed Salah memanfaatkan sodor­an Miralem Pjanic.

Petaka untuk Roma tiba lima menit jelang waktu normal usai. Upaya Manolas menyapu sepakan Eder malah membuat bola berbelok arah dan masuk ke gawang sendiri.

Dengan hasil ini, Roma tertahan di urutan sembilan dengan nilai delapan dari lima laga. Sedang Sampdoria menempati posisi lima den­gan 10 poin.

Roma mendapatkan ancaman di menit ke-9 melalui sepakan Joaquin Correa. Morgan De Sanctis masih sigap mengamankan bola.

Baca Juga :  Tahun Ini Akan Ada Dua GOR yang Akan Berdiri di Kota Bogor Sebagai Janji Kampanye Wali Kota

Tiga menit berselang Roma balas mengan­cam lewat sepakan Radja Nainggolan menyusul skema sepak pojok. Hanya saja upayanya masih melebar ke kiri.

Sampdoria memberikan tekanan lain untuk Roma di menit ke-15. Kali ini percobaan Luis Muriel melebar.

Sebuah tendangan dari Miralem Pjanic dari luar kotak penalti di menit ke-24 mengarah ke pojok kanan bawah, berakhir di tangan kiper. Semenit berselang giliran Edin Dzeko mengan­cam tuan rumah, juga masih bisa diamankan Emiliano Viviano.

Pjanic melepaskan percobaan berikutnya di menit ke-36. Juga belum membuahkan hasil karena terbaca oleh kiper.

Jelang babak pertama usai, Dzeko menebar bahaya untuk tuan rumah. Tendangannya tipis saja ke samping kanan gawang.

Sepakan Iago Falque saat babak kedua berjalan tiga menit belum cukup mengancam gawang Sampdoria. Sebaliknya, Sampdoria malah memetik keunggulan di menit ke-50.

Dari skema tendangan bebas, Fernando menyodorkan bola pendek dan disambut sepakan keras Eder ke pojok kiri bawah gawa­ng. Morgan De Sanctis tak mampu menjangkau.

Baca Juga :  KORMI Kota Bogor Raih 9 Juara di 5 Inorga pada Pembukaan FORPROV ke 4 Tahun 2022

Percobaan balasan dari Roma lahir tiga me­nit berselang. Sepakan Salah masih melebar ke kiri. Sementara tendangan Pjanic kembali dia­mankan oleh Viviano.

Usaha Roma menyamakan kedudukan ber­buah hasil di menit ke-69. Sepakan Salah me­nyambut sodoran Pjanic bersarang di pojok kiri atas gawang.

Sampdoria langsung balas menekan seme­nit kemudian. Sepakan Fernando diamankan De Sanctis.

Roma terus berupaya membalikkan kedudukan. Sundulan Daniele De Rossi di me­nit ke-71 dan sepakan Salah empat menit kemu­dian masih tak cukup membahayakan gawang Sampdoria.

Alih-alih mencetak gol, Roma justru kemba­li kemasukan di menit ke-85. Sepakan Eder dari sisi kanan gagal disapu dengan baik oleh Mano­las, sehingga malah masuk ke gawang sendiri. Gol itu menjadi gol penutup di laga ini. Roma takluk 1-2 dari Sampdoria.